TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG).. Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Public Speaking Pembelajaran IPS Kelas 5 MI Ma’arif Kepuhrubuh Siman Ponorogo

Aidin, Hadi Nor (2023) TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG).. Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Public Speaking Pembelajaran IPS Kelas 5 MI Ma’arif Kepuhrubuh Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180177_HADI NOR AIDIN_SKRIPSI A5 + WATERMARK.docx

Download (1MB)

Abstract

Aidin, Hadi Nor. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Public Speaking Pembelajaran IPS Kelas 5 MI Ma’arif Kepuhrubuh Siman Ponorogo.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Pendidikan Agama Islam Negeri. Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Public Speaking

Public speaking merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh seseorang. Dengan kemampuan public speaking yang dimiliki, orang dapat dilihat sebagai pribadi yang berkualitas. Karena public speaking tidak hanya diperlukan oleh mereka yang berprofesi sebagai pembicara publik seperti guru ataupun dosen. Tapi juga oleh mereka yang memiliki kebutuhan untuk bersinggungan dan berkomunikasi dengan banyak orang.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan public speaking peserta didik, mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mengetahui kendala-kendala implementasi model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan public speaking peserta didik.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Kurt Lwin. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 MI Ma’arif Kepuhrubuh Siman Ponorogo dengan jumlah peserta didik 25 anak. ini adalah adalah peserta didik kelas 5 MI Ma’arif Kepuhrubuh.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan public speaking di kelas 5 MI Ma’arif Kepuhrubuh Siman Ponorogo. Hasil data yang diperoleh pada siklus I, 10 peserta didik dengan kategori rendah sebesar 40%, 9 peserta didik dengan kategori sedang sebesar 36%, dan 6 peserta didik dengan kategori tinggi sebesar 24% dan siklus II, 9 peserta didik dengan kategori sedang sebesar 36% dan 16 peserta didik dengan kategori tinggi sebesar 64%. Implementasi model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil mata pelajaran IPS peserta didik kelas 5 MI Ma’arif Kupuhrubuh Siman Ponorogo. Hasil penelitian tindakan kelas dapat diketahui pada siklus I, kategori belum tuntas dengan persentase 36% sebanyak 9 peserta didik dan kategori tuntas dengan persentase 64% sebanyak 16 peserta didik. Siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 100% sebanyak 25 peserta didik. Adapun kendala yang dapat menghambat penerapan metode jigsaw adalah: Karena strategi pembelajaran ini baru pertama kali diterapkan banyak peserta didik yang belum terbiasa dengan perubahan gaya belajar. Peserta didik belum mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok kepada kelompok lain dengan baik, hal ini disebabkan public speaking peserta didik masih kurang. Masih ragu dan takut saat mengemukakan pendapat saat diskusi berlangsung. Adapun solusi atau perbaikan yang dilaksanakan peneliti untuk meminimalisir kendala sebagai berikut: Menambah motivasi kepada peserta didik agar lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran. Lebih intensif membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas. Memberikan hasil refleksi pada setiap kelompok di setiap sub bab yang mereka pelajari. Kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran telah teratasi dengan adanya perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran dalam siklus II, sehingga peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan metode jigsaw dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:13
Last Modified: 01 Jul 2024 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29437

Actions (login required)

View Item View Item