Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembentukan Relasi Sosial yang Harmonis di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo dan Pondok Pesantren An- Najiyah Ponorogo .

Fadhilah, Dzannur (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembentukan Relasi Sosial yang Harmonis di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo dan Pondok Pesantren An- Najiyah Ponorogo . Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-thesis Dzannur Fadhilah_505220010_.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa suku, bahasa, serta budaya yang berbeda di lingkungan pondok pesantren yang dalam kesehariannya masih bersikap individualis, egois, acuh tak acuh, malas berkomunikasi, dan beberapa sikap lainnya sehingga relasi sosial yang terjalin masih bersifat pasif.
Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk relasi sosial yang harmonis antar santri yang memiliki latar belakang yang berbeda melalui internalisasi nilai- nilai multikultural dalam setiap kegiatan yang telah di programkan oleh pondok pesantren.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif jenis etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni model Mattew B. Milles, A. Michael Huberman, dan Saldana yakni berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pegecekan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian mengenai internalisasi nilai-nilai multikultural dalam membentuk relasi sosial yang harmonis yakni: (1) Bentuk internalisasi nilai multukultural di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo yakni kegiatan konsul dan binkat (bina bakat). Sedangkan Di Pondok Pesantren An- Najiyah Ponorgo yakni kegiatan sungkem dan maknani kitab; (2) Pelaksanaan kegiatan internalisasi nilai multikultural di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo yakni kegiatan konsul yang dilaksanakan secara rutin pada malam jum’at legi, dan kegiatan binkat (bina bakat) dilaksanakan setiap malam ahad. Sedangkan di Pondok Pesantren An- Najiyah Ponorogo, kegiatan sungkem dilaksanakan setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah untuk santri putra, dan bagi santri putri hanya di khususkan rekan- rekan mahasiswi yang akan ke kampus saja, dan kegiatan makanani kitab ta’lim muta’alim dilaksanakan setiap malam selasa dan maknani kitab maroqil dilaksanakan setiap malam ahad (khusus santri putri). (3) Dampak positif adanya kegiatan tersebut yakni menciptakan nilai saling mengenal, tolong menolong, dan toleransi. Melalui internalisasi nilai- nilai multikultrual tersebut para santri dapat bersosial dengan baik walaupun memiliki latar belakang yang berbeda serta memperkuat komunikasi antar daerah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: 1. Dr. Basuki, M.Ag. 2. Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:04
Last Modified: 01 Jul 2024 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29425

Actions (login required)

View Item View Item