Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Tahun Akademik 2023/2024

Kusumawati, Iva (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Tahun Akademik 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Iva Kusumawati_206200107.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi sebagai salah satu penyedia jasa harus mampu memenuhi kebutuhan dan kepuasan mahasiswa. Faktor pendorong yang paling penting dalam untuk menghasilkan kepuasan yaitu kualitas layanan dan fasilitas yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Namun faktanya masih ada perguruan tinggi yang memberikan pelayanan kurang maksimal dan fasilitas belajar yang masih minim sehingga mahasiswa kurang puas dengan yang perguruan tinggi berikan. Oleh sebab itu, perguruan tinggi terkhususnya program studi harus memenuhi kebutuhan mahasiswanya agar mahasiswa merasa puas dengan apa yang disuguhkan. Berdasarkan penelusuran peneliti program studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo telah memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin kepada mahasiswanya. Program studi meluncurkan website dan 2 jurnal yaitu sajiem dan edumanajerial. Selain itu mahasiswanya memperoleh banyak prestasi baik di dalam kampus maupun luar kampus.
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian yang ingin dicapai ialah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo. 2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo. 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademik dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data-data dalam penelitian, peneliti menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan metode proportional stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo sebanyak 86 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa yaitu sebesar 60,3%. 2) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa yaitu sebesar 52,5%. 3) Ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan akademik dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa yaitu sebesar 67%, dan sisanya 33% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti yaitu harga/biaya, emosional, dan kualitas produk. Dengan kualitas pelayanan akademik dan fasilitas belajar yang baik, maka kepuasan mahasiswa akan tinggi, dan sebaliknya jika kualitas pelayanan akademik dan fasilitas belajar kurang baik, maka kepuasan mahasiswa akan rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:03
Last Modified: 01 Jul 2024 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29424

Actions (login required)

View Item View Item