Manajemen Kurikulum Cambridge pada International Class Program di SMAN 3 Ponorogo

Hasna, Alfiya Amalia (2024) Manajemen Kurikulum Cambridge pada International Class Program di SMAN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 206200007 ALFIYA AMALIA HASNA (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Era globalisasi seperti saat ini, dunia pendidikan harus mampu bersaing
secara nasional maupun internasional dengan cara meningkatkan kualitas.
Permasalahan yang sering terjadi saat ini adalah banyak sekolah yang kehilangan
calon peserta didik dan mengakibatkan gulung tikar. Untuk itu lembaga pendidikan
harus melakukan inovasi dan pengembangan kualitas pendidikan agar sekolah
dapat terus berjalan. salah satu inovasi yang saat ini banyak digunakan adalah
penggunaan kurikulum internasional, salah satunya adalah kurikulum Cambridge.
Untuk keberhasilan kurikulum Cambridge, maka diperlukan manajemen yang baik.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) untuk
mendeskripsikan perencanaan kurikulum Cambridge pada International Class
Program di SMAN 3 Ponorogo, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum
Cambridge pada International Class Program di SMAN 3 Ponorogo, (3) untuk
mendeskripsikan evaluasi kurikulum Cambridge pada International Class Program
di SMAN 3 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu
model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data dan pengambilan keputusan.
Hasil penelitian adalah (1) perencanaan Cambridge pada International
Class Program di SMAN 3 Ponorogo mulai dengan merumuskan tujuan yaitu
membentuk siswa-siswi yang berwawasan global. Menentukan mata pelajaran yang
akan menggunakan kurikulum, SMAN 3 Ponorogo memilih lima mata pelajaran
yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan bahasa Inggris. Selanjutnya
mempersiapkan sumber daya manusia berupa guru dan murid, terdapat seleksi yang
harus diikuti oleh calon guru dan murid SICP. Selanjutnya adalah mempersiapkan
framework, lesson plan, dan worksheet. Selain itu juga mempersiapkan media
pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang akan
digunakan. (2) pelaksanaan kurikulum Cambridge yang pertama adalah
mengadakan pelatihan untuk guru SICP oleh konselor dari Cambridge. Penyusunan
perangkat pembelajaran berupa framework, lesson plan, dan worksheet. Adapun
media pembelajaran yang diguankan di SICP adalah buku dari Cambridge, power
poin, audio, alat peraga, laboratorium. sedangkan untuk metode pembelajaran
setiap guru diberi kebebasan dalam memilih metode yang tepat. (3) evaluasi
kurikulum Cambridge dilakukan dnegan dua cara yaitu menggunakan evaluasi diri
sekolah dan evaluasi berbasis Cambridge. Sedangkan untuk evaluasi hasil belajar
terdapat beberapa jenis yang digunakan di SMAN 3 Ponorogo yaitu worksheet,
evaluasi per- bab, middle test, final test, dan mokking test.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:01
Last Modified: 01 Jul 2024 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29420

Actions (login required)

View Item View Item