..(GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG).. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Salaf Di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan Ponorogo

Puspa, Andre (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG).. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Salaf Di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANDRE DWI PUSPA 206200056 ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak:
Pembelajaran kurikulum salaf merupakan bahan-bahan pendidikan agama Islam di pesantren yang masih klasik dan belum terdapat pembaharuan berupa kegiatan belajar dan pengetahuan yang dengan sengaja diberikan kepada santri dalam rangka mencapai suatu tujuan pendidikan agama islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan bahwa sebuah madrasah semestinya mengikuti kurikulum yang ditetapkan Kementrian Agama, sementara pada kasus di MA Al-Islam Joresan Ponorogo tidak sepenuhnya menerapkan pembelajaran kurikulum yang telah ditetapkan. Madrasah ini menerapkan pembelajaran kurikulum salaf dari pondok pesantren yang dimasukkan dalam pelajaran di sekolah dengan bahan ajar kitab kuning dan metode pembelajaran seperti di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum salaf di MA Al-Islam Joresan Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan angka dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa perencaan pembelajaran tersebut dilakukan dengan beberapa kegiatan diantaranya: penentuan tujuan, menentukan proses pembelajaran, dan menentukan organisasi pengalaman belajar. Pelaksanaanya dilakukan dalam kegiatan proses belajar mengajar di dalam kelas dengan menggunakan metode yang biasanya dipakai di pesantren seperti metode bandongan, metode hiwar, metode hafalan dan metode muhadatsah. Sedangkan evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum salaf di MA Al-Islam Joresan dilakukan dengan mengadakan tes atau ujian, yaitu ujian syafahi dan ujian tahriri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:00
Last Modified: 01 Jul 2024 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29417

Actions (login required)

View Item View Item