..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Papan Flanel (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Usia 5-6 Tahun Di TK Tunas Rimba 01 Saradan)

Aiszaida, Gema (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Papan Flanel (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Usia 5-6 Tahun Di TK Tunas Rimba 01 Saradan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GEMA AISZAIDA 211117006.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aiszaida, Gema. 2022. Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Papan Flanel (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Usia 5-6 Tahun di Tk Tunas Rimba 01 Saradan). Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.

Kata kunci: Anak Usia Dini, Bermain Papan Flanel, Berpikir logis.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di TK Tunas Rimba 01 Saradan pada kelompok B, terdapat beberapa anak yang masih kurang dalam mengenal warna, perbedaan bentuk dan ukuran, ada juga anak yang masih kurang dalam mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke ukuran paling besar, dan beberapa anak yang belum bisa mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau sejenis. Berdasarkan permasalahan tersebut dapat di identifikasikan masih terdapat anak yang kemampuan kognitif nya terutama dalam berpikir logis masih kurang dan belum berkembang secara optimal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode bermain dengan media papan flanel.
Penelitian ini bertujuaan untuk mendeskripsikan peningkatan kemapuan berpikir logis anak usia dini pada aspek mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran, aspek mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar, untuk mendeskripsikan peningkatan berpikir logis anak usia dini pada aspek mengklasifikasikan benda lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau yang sejenis atau kelompok berpasangan yang lebih dari dua variasi melalui metode bermain di TK Tunas Rimba 01 Saradan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan populasi seluruh anak kelompok B di TK Tunas Rimba 01 Saradan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, pengamatan atau observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan sumber data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Rimba 01 Saradan pada aspek mengenal warna, perbedaan bentuk dan ukuran, mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke ukuran paling besar, dan mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau sejenis dapat ditingkatkan melalui metode bermain menggunakan media papan flanel. Hasil penelitian siklus pertama menunjukkan ketuntasan anak dalam berpikir logis sebesar 50% sedangkan anak yang belum tuntas ada 50%, pada siklus kedua siswa yang tuntas dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak ada 94,44% dan anak yang tidak tuntas ada 5,56%. Berdasarakan hasil tersebut, penelitian tindakan kelas pada kelompok B di TK Tunas Rimba 01 Saradan sudah dikatakan mencapai ketuntasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:45
Last Modified: 01 Jul 2024 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29401

Actions (login required)

View Item View Item