Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Geger Madiun

Arvita, Della (2024) Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Geger Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DELLA ARVITA 206200076.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah kejuruan merupakan sekolah yang berorientasi untuk menciptakan lulusan yang siap kerja. Adanya masalah kualitas lulusan SMK yang kurang terserap di dunia usaha/dunia industri yang cukup tinggi, disebabkan oleh rendahnya kompetensi lulusan. Data Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi pada bulan Februari 2023 berasal dari pendidikan menengah kejuruan sebesar 8,41%. Maka dari itu diperlukan penerapan manajemen peserta didik dalam peningkatkan mutu lulusan di sekolah kejuruan.
Penelitian di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Geger Madiun ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan. (2) Pelaksanaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan. (3) Evaluasi peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan pengamatan mendalam dan triangulasi.
Hasil penelitian Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Geger Madiun menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan dilakukan dengan: a) merencanakan jumlah peserta didik yang diterima, b) menentukan target lulusan, c) merencanakan kegiatan PPDB, d) merencanakan pembinaan dan pengembangan peserta didik, e) merencanakan proses ujian kelulusan dan penyaluran alumni. Kedua, Pelaksanaan peserta didik dilakukan melalui: a) PPDB dengan 3 jalur yaitu: affirmasi, prestasi akademik, dan zonasi, b) menempatkan peserta didik di kelas industri Axioo Class Program, Samsung Tech institut, dan Maspion IT, c) melaksanakan pembinaan dan pengembangan peserta didik dibidang akademik dan non-akademik, d) melaksanakan ujian kelulusan serta ujian praktek. Ketiga, Evaluasi peserta didik dalam rapor pendidikan yaitu: a) indikator penyerapan lulusan yang bekerja, melanjutkan, dan berwirausaha dalam satu tahun setelah lulus dalam kategori “Baik” dengan skor rapor 99,01. b) indikator kompetensi lulusan dan kepuasan dunia kerja dalam kategori “Baik” dengan skor rapor 99,75. c) kategori Link and match/keselarasan SMK dengan dunia kerja ada di kategori “Baik” dengan skor rapor 65,97.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:43
Last Modified: 01 Jul 2024 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29398

Actions (login required)

View Item View Item