تطوير نموذج تدريس مهارة الكلام في ضوء النظرية البنائية (دراسة ميدانية في معهد المودّة الإسلامي للبنات فونوروكو)

Jannah, Sufi Habibul (2024) تطوير نموذج تدريس مهارة الكلام في ضوء النظرية البنائية (دراسة ميدانية في معهد المودّة الإسلامي للبنات فونوروكو). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
504200004_Sufi Habibul Jannah_Magister Pendidikan Bahasa Arab.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran maharah kalam dibanyak lembaga Pendidikan, tidak terkecuali tingkat aliyah masih banyak yang masih berpusat pada guru, dimana siswa pasif dalam proses belajar mengajar. Hal ini kemudian berimplikasi terhadap rendahnya motivasi dan kemampuan siswa dalam menerapkan percakapan berbahasa arab. Karena itu, hendaknya pembelajaran Maharah Kalam dapat didesain berdasarkan teori konstruktivisme untuk membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar sehingga motivasi dan hasil belajarnya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kondisi pembelajran keterampilan berbicara di Pesantren Putri Al-Mawaddah, 2) mengetahui spesifikasi pengembangan model pembelajaran maharah kalam berbasis teori kontruktivisme di Pesantren Putri Al-Mawaddah, 3) untuk mengetahui tingkat efektifitas model pembelajaran maharah kalam berbasis konstruktivisme di Pesantren Putri Al-Mawaddah.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Pengembangan model pembelajaran yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Four-D’s yang memiliki empat langkah: 1). Define, 2). Design, 3). Development dan 4). Dessemination. Hasil pengembangan model pembelajaran menurut para ahli berdasarkan angket yaitu: 1) ahli teori konstruktivisme I 3,2 (baik), 2) ahli teori konstruktivisme II 3,2 (baik), 3) ahli maharah kalam 3,3 (baik), dan ahli desain pembelajaran 3 (baik).

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Zahrul Fata
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:35
Last Modified: 01 Jul 2024 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29383

Actions (login required)

View Item View Item