Implementasi Metode Tajdied dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri di Rumah Quran Abu Bakar Ash-Shiddiq Jiwan

Istiqomah, Nafi'atul (2024) Implementasi Metode Tajdied dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri di Rumah Quran Abu Bakar Ash-Shiddiq Jiwan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NAFI'ATUL ISTIQOMAH_201190184_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman hidup dalam berbagai aspek baik dalam beribadah maupun bermuamalah, bahkan al-Quran merupakan sumber mendapatkan pengetahuan. Maka tidak dapat dihindari bahwa membaca al-Quran merupakan kewajiban utama bagi umat Islam. Namun kenyataannya, masih banyak anak-anak yang belum bisa membaca al-Quran. Oleh karena itu, perlu adanya bimbingan atau pengajaran membaca al-Quran dari seseorang yang memiliki kemampuan membaca al-Quran yang baik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode Tajdied. Metode Tajdied merupakan metode pembelajaran al-Quran yang dibuat untuk memudahkan anak dalam mempelajari al-Quran dengan cara yang menarik dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis implementasi metode Tajdied dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran santri di Rumah Quran Abu Bakar Ash Shiddiq Jiwan, (2) memaparkan dan menganalisis hasil kemampuan membaca al-Quran santri setelah diterapkannya metode Tajdied di Rumah Quran Abu Bakar Ash Shiddiq Jiwan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitiannya yaitu: (1) Pelaksanaan metode Tajdied di Rumah Quran Abu Bakar Ash Shiddiq berjalan dengan baik dan lancar. Guru/ustadzah melaksanakan pembelajaran berdasarkan RPP dan panduan kurikulum metode Tajdied yang sesuai. Dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran guru mengawali pembelajaran secara klasikal, kemudian santri maju menghadap guru/ustadzah untuk mengetahui kemampuan masing-masing santri, dan terakhir guru memberikan kesimpulan dan evaluasi. Guru/ustadzah menggunakan berbagai teknik pembelajaran pada setiap materi di buku ajar sesuai dengan kurikulum yang ada, seperti teknik bernyanyi untuk materi kata kunci dan teknik tepuk untuk materi bacaan panjang dan pendek. Tenik yang beragam tersebut yang dapat meningkatkan semangat belajar dan antusiasme santri sehingga berdampak pada kemampuan membaca al-Quran santri. (2) Dampak yang ditimbulkan setelah diterapkannya metode Tajdied di Rumah Quran Abu Bakar Ash Shiddiq adalah meningkatnya kemampuan membaca al-Quran santri khususnya kelas tahsin yang dibuktikan dengan kelancaran dalam membaca al-Quran, ketepatan tajwid, dan makhorijul huruf yang dilafadzkan.

Kata Kunci : Implementasi, Metode Tajdied, Kemampuan Membaca al-Quran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:30
Last Modified: 01 Jul 2024 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29374

Actions (login required)

View Item View Item