Muzakky, Alin (2024) Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Siswa Bersekolah di SMA Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI ALIN MUZAKKY upload skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Muzakky, Alin. 2024. Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Siswa Bersekolah di SMA Negeri 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Minat Peserta Didik
Salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan sekolah dalam menarik minat siswa baru adalah strategi bauran pemasaran pendidikan, di mana sekolah mendayagunakan komponen-komponen bauran pemasaran yang dimilikinya. Sekolah perlu memperhatikan perkara minat, keinginan, dan kebutuhan pelayanan yang diharapkan oleh calon siswa baru. Karena apabila sekolah tersebut mampu menyediakannya, maka calon siswa baru akan tertarik untuk melanjutkan jenjang pendidikan di sekolah tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a)menganalisis dan mengetahui implementasi dari strategi bauran pemasaran yang ada di SMA Negeri 3 Ponorogo, (b)menganilisis faktor pendukung dan penghambat yang ditemui, dan (c)menganalisis implikasi dari strategi bauran pemasaran tersebut terhadap peningkatan minat calon siswa baru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Narasumber dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka kesiswaan, waka humas, guru, dan beberapa siswa. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi bauran pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh SMA Negeri 3 Ponorogo variabel product berupa hadirnya kelas internasional, variabel price berupa program keringanan biaya pendidikan, variabel place berupa lokasi sekolah yang strategis, variabel physical evidence berupa lahan yang luas, variabel promotion berupa media sosial, media cetak, maupun relasi alumni yang baik, variabel process berupa tes diagnostik dan narahubung untuk kritik dan saran, dan variabel people berupa tenaga pendidik maupun kependidikan yang didukung penuh oleh sekolah dalam meningkatkan kompetensinya melalui berbagai kegiatan peningkatan kompetensi secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Hasil penelitian pada tujuan penelitian yang kedua menunjukkan bahwa faktor pendukung dari strategi bauran pemasaran di SMA Negeri 3 Ponorogo adalah dukungan dari masyarakat, luasnya lahan yang dimiliki oleh sekolah, dan adanya program keringanan biaya pendidikan. Hasil penelitian dari tujuan penelitian yang terakhir adalah peningkatan jumlah siswa baru yang diterima dari tahun ke tahun sebagai implikasi dari peningkatan keterjangkauan dan aksesibilitas; peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing sekolah; dan peningkatan citra yang positif dari masyarakat terhadap SMA Negeri 3 Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:24 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:24 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29363 |
Actions (login required)
View Item |