Athirah, Evana Zahro (2024) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I di MI Walisongo 1. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
UPLOAD E-THESIS_EVANA ZAHRO ATHIRAH_203200040.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Athirah, Evana Zahro. 2024. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I di MI Walisongo 1. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Matematika, Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual.
Pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting keberadaannya karena sebagai sarana dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis, sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, sarana dalam mengenal pola-pola hubungan dan proses generalisasi pengalaman. Matematika apabila diamati maka sebenarnya tidak ada kegiatan yang luput dari ilmu matematika. Tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak kendala dalam memecahkan permasalahan dalam matematika. Hal tersebut disebabkab karena masih banyak kegiatan pembelajaran matematika yang masih monoton menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran, dimana mengakibatkan berpengaruh terhadap hasil belajar. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, yaitu peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap hasil belajar siswa. Mengetahui hasil belajar siswa yang sudah diberikan perlakuan media pembelajaran berbasis audio visual. Peneliti ingin meneliti hasil belajar siswa khususnya aspek kognitif lebih spesifik pada menerapkan (C3) dan menganalisis (C4).
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini yaitu kelas IA sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 anak dan kelas IB sebagai kelas kontrol sebanyak 21 anak. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Independent t Test.
Hasil penelitian ini yaitu hasil belajar siswa terdapat peningkatan dan perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol antara sebelum dan sesudah diberikan penerapan media pembelajaran berbasis audio visual. Pada kelas eksperimen pre-test dan post-test memperoleh rata-rata nilai 60,00 dan 80,91. Sedangkan pada kelas kontrol pre-test dan post-test memperoleh nilai rata-rata 58,57 dan 70,95. Setelah peneliti melakukan uji hipotesis independent t test, menunjukkan hasil bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Weni Tria Anugrah Putri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:18 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:18 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29356 |
Actions (login required)
View Item |