Utami, Latifah Kurnia (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Peningkatan Kemampuan Berpikir dan Komunikasi melalui Literasi Visual pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDMT Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
505220016_Latifah Kurnia Utami_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN KOMUNIKASI SISWA
MELALUI LITERASI VISUAL PADA PROSES PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDMT PONOROGO
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dan media yang tidak diarahkan dalam pengelolaannya. Perkembangan teknologi dan media dapat menyebabkan menurunnya sumber daya manusia dalam literasi sehingga berdampak pada kemampuan berpikir dan komunikasi siswa pada proses pembelajaran. Maka dibutuhkan sebuah gerakan literasi untuk memberikan keunggulan kompetitif di era global. Dari hasil penjajakan awal ditemukan kegiatan literasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDMT Ponorogo. Literasi yang digunakan adalah literasi visual karena literasi ini memanfaatkan perkembangan teknologi dan media. Sehingga dapat menjawab kegelisahan akan perkembangan teknologi dan media saat ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan di SDMT Ponorogo melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan analisis data naratif dari Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil dari analisis tersebut dikumpulkan menjadi sebuah deskipsi yang berbentuk kata-kata.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis desain literasi visual, pelaksanaan literasi visual, dan dampak pelaksanaan literasi visual dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan komunikasi siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDMT Ponorogo.
Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) desain literasi visual dalam peningkatan kemampuan berpikir dan komunikasi siswa tidak terlepas dari upaya guru dalam merancang strategi, metode, dan media yang digunakan. Dengan ketiga hal ini, guru akan mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran baik dalam berpikir, mengungkapkan argumen, diskusi, dan persentasi di depan kelas. 2) pelaksanaan literasi visual dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan komunikasi siswa mengggunakan media gambar, audio, dan video. Dengan media gambar, siswa diajak untuk mengamati gambar, dan menceritakan gambar yang dilihat di depan kelas dengan bahasa sendiri. Dengan media video, siswa diajak untuk mengamati video, menceritakan kembali isi video, dan diskusi. Dengan media audio, siswa diajak untuk menghafal, dan menyetorkan hafalan di depan kelas ayat-ayat Al-Qur’an. 3) dampak dari pelaksanaan literasi visual dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan komunikasi siswa adalah berdampak positif karena memperkuat kemampuan berpikir siswa dan memperkuat kemampuan komunikasi siswa. Selain itu, siswa terlibat dalam kegiatan mendeskripsikan, menyusun informasi yang didapat dalam kegiatan pembelajaan, menganalisis, dan berani menyampaikan ide serta informasi dengan imajinasi dan kreatifitasnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Kolis Mukhibat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:12 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:12 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29348 |
Actions (login required)
View Item |