Manajemen Program Alfamart Class dalam Pengembangan Karir Siswa (Studi Kasus di SMKN 1 Ponorogo)

Pradana, Adi (2024) Manajemen Program Alfamart Class dalam Pengembangan Karir Siswa (Studi Kasus di SMKN 1 Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502220002_Adi Pradana_S2 MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pradana, Adi, 2024. Manajemen Program Alfamart Class dalam Pengembangan Karir Siswa (Studi Kasus di SMKN 1 Ponorogo). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd., Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd
Kata Kunci: Manajemen Program, Pengembangan Karir, Alfamart Class

Sekolah menengah kejuruan adalah program pendidikan menengah yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk bekerja pada bidang tertentu. Sekolah bekerja sama dengan PT. Sumber Alfaria Triijaya Tbk (Alfamart) dengan program Alfamart Class untuk membantu siswa mempersiapkan diri untuk bekerja. Meskipun program ini ada di SMK, masih ada masalah dengan tingkat keterserapan lulusan SMK di dunia kerja yang lebih tinggi daripada lulusan tingkat pendidikan lainnya. Program Alfamart Class bertujuan untuk mengatasi masalah ini dan membantu siswa mengembangkan karir mereka sesuai dengan kemampuan mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menganalisis perencanaan program Alfamart Class dalam pengembangan karir siswa. (2) Mengidentifikasi dan menganalisis implementasi program Alfamart Class dalam pengembangan karir siswa. (3) Menjelaskan dan menganalisis evaluasi program Alfamart Class dalam pengembangan karir siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan meningkatkan ketekukan pengamatan, lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Perencanaan program Alfamart Class dalam pengembangan karir siswa di SMKN 1 Ponorogo; (a) perencanaan program Alfamart Class dilaksanakan pada awal sebelum masuk tahun ajaran baru, (b) merumuskan pembagian tugas dan kewajiban, (c) perencanaan program Alfamart Class melibatkan warga sekolah beserta pihak Alfamart, (d) menetapkan tujuan yang akan dicapai, (e) merumuskan strategi dalam mencapai tujuan dan (f) menentukuan hal-hal yang perlu untuk disiapkan sebelum pelaksanaan program Alfamart Class. (2) Implementasi program Alfamart Class dalam pengembangan karir siswa di SMKN 1 Ponorogo; (a) dimulai dengan adanya penunjukan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengadakan program tersebut, (b) adanya peran dan stategi pemimpin dalam hal menggerakkan anggotanya, (c) memenuhi dan melaksanakan apa saja yang diperlukan dalam pengembangan karir siswa, (d) adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan karir siswa dan (e) menentukan strategi dalam mencapai tujuan. (3) Evaluasi program Alfamart Class dalam pengembangan karir siswa di SMKN 1 Ponorogo: (a) dilaksanakan dengan memberikan kuesioner dan mengumpulkan kendala-kendala selama implementasi program Alfamart Class, (b) mengidentifikasi hambatan selama proses implementasi program, (c) melakukan tindak lanjut sesuai dengan hasil evaluasi yang telah dilaksanakan dan (d) hasil evaluasi program Alfamart Class berupa adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan, siswa yang mengikuti Alfamart Class memiliki karakter yang baik dan siswa yang melanjutkan karirnya ke Perusahaan Alfamart sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:12
Last Modified: 01 Jul 2024 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29347

Actions (login required)

View Item View Item