Fadhila, Afif (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. Manajemen Program 40 Hari Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Pakunden Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Skripsi_201200213_Afif Nur Fadhila- ETTESES.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fadhila, Afif Nur. 2024 Manajemen Program 40 Hari dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I
Kata Kunci: Program 40 Hari, Prestasi Santri, Pondok Pesantren
Pendidikan merupakan usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi bawaan yang berupa jasmani maupun rohani. Sebagai seorang peserta didik yang sedang menempuh pendidikan di suatu lembaga pendidikan, sebenarnya mereka telah memiliki potensi dan kemampuan yang harus diaktulisasikan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Tinggi randahnya tingkat aktualisasi seseorang terhadap potensinya itu akan sangat menentukan terhadap prestasi yang diraihnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program 40 hari dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Ponorogo; (1) Pelaksanaan program 40 hari dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Ponorogo, (2) Implikasi manajemen program 40 hari dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Pondok PesantrenNurul Qur’an Ponorogo, (3) Faktor yang menghambat dan mendukung manajemen program 40 hari dalam meningkatkan prestasi belajar santri diPondok Pesantren Nurul Qur’an Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Ponorogo. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis menunjukkan manajemen program 40 hari dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Ponorogo dalam meningkatkan prestasi santri melibatkan kiai, pengurus, ustadz/ustadzah, meningkatkan minat santri dalam mengikuti program 40 hari. Pelaksanaan program ini menggunakan konsep Planning, , pada tahap ini dalam menerapkan program 40 hari dengan menetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan adanya membentuk tim. Organizing, , pada tahap ini dalam menerapkan program 40 hari dengan membai tugas dan kewajiban ustadz/ustadzah. Actuating, , pada tahap ini dalam menerapkan program 40 hari dengan menntukan kriteria yang menjadi acuan sebelum program 40 hari. Controlling, ,pada tahap ini dalam menerapkan program 40 hari dengan diadakanya pentas 40 hari santri baru Keberhasilan manajemen program 40.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Fata Asyrofi Yahya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:10 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29343 |
Actions (login required)
View Item |