Huda, Isnia Sholihul (2024) Implementasi Metode Murāja’ah dalam Memperkuat Hafalan Al-Qur’an Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Al-Idris Banyudono Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200096 ISNIA SHOLIHUL HUDA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Huda, Isnia Sholihul. 2024. Implementasi Metode Murāja’ah dalam Memperkuat Hafalan Al-Qur’an Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Al-Idris Banyudono Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mughniatul Ilma, M.H.
Kata Kunci: Implementasi, Metode Murāja’ah , Hafalan Al-Qur’an.
Konsep pendidikan agama Islam mengutamakan pemahaman mendalam tentang ajaran Islam serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Konteks ini termasuk mendorong untuk mempelajari, mengkaji hingga menghafal Al-Quran. Pada dasarnya, manusia tidak dapat terlepas dari sifat lupa. Dengan pertimbangan ini, memperkuat hafalan ayat-ayat Al-Qur'an agar tidak hilang dengan mudah memerlukan pengulangan yang teratur agar hafalan dapat berpindah ke memori jangka panjang, salah satunya melalui metode murāja’ah .Penelitian ini didorong oleh kesadaran akan pentingnya menggali potensi optimal dari penerapan metode murāja’ah sebagai strategi pembelajaran di pondok pesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pelaksanaan penerapan metode murāja’ah dalam memperkuat hafalan Al-Qur'an santri tahfidz; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat keberhasilan dalam proses penerapan metode murāja’ah; dan (3) implikasi penerapan metode murāja’ah dalam memperkuat hafalan Al-Qur’an.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan bentuk desain jenis deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari santri tahfidz, ustadz, dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Idris Banyudono Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Melalui proses yang terstruktur dan terjadwal, metode murāja’ah mampu menjadi cara efektif dalam memperkuat hafalan santri tahfidz. (2) Faktor internal akan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, konsistensi dan disiplin para santri,serta faktor eksternal seperti dukungan dan bantuan dari teman sesama penghafal, juga peran pengasuh dan ustadz dalam memberikan bimbingan, motivasi, serta umpan balik yang konstruktif kepada santri menjadi kunci keberhasilan penerapan metode ini dalam memperkuat hafalan Al-Qur’an santri tahfidz. Sementara itu, menghafalkan ditengah kesibukan menjadi faktor utama penghambat keberhasilan. (3) Metode murāja’ah memiliki dampak yang signifikan dalam memperkuat hafalan Al-Qur'an santri. Para santri terbiasa mengulang dan mengoreksi hafalan, karena metode ini dapat memperkuat hafalan dan memberikan memori jangka panjang di dalam otak. Selain itu, para santri merasa terdapat peningkatan signifikan terhadap hafalan Al-Qur’annya yang dinilai semakin lancar dan fasih. Para santri dapat membangun kebiasaan yang baik untuk konsisten dalam mengulang ayat-ayat Al-Qur'an dalam memperkuat hafalannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mughniatul Ilma |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:09 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29340 |
Actions (login required)
View Item |