Khusna, Nikmatul (2024) Implementasi Program Tahfizh Entrepreneur dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dan Mandiri Siswa di MI Tahfizh Entrepreneur Qurrota A'yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200213_NIKMATUL KHUSNA_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Khusna, Nikmatul. 2024. Implementasi Program Tahfizh Entrepreneur dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dan Mandiri Siswa di MI Tahfizh Entrepreneur Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Tahfizh Entrepreneur, Tanggung Jawab, Mandiri.
Pendidikan karakter menjadi salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Kurangnya rasa tanggung jawab dan mandiri siswa ketika awal masuk sekolah menjadi permasalahan yang perlu diselesaikan. Tanggung jawab berarti mampu mempertanggung jawabkan serta memiliki perasaan untuk memenuhi tugas. Sedangkan mandiri diartikan kemampuan memenuhi kebutuhan sendiri dengan tidak bergantung orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pelaksanaan program tahfizh entrepreneur di MI Tahfizh Entrepreneur Qurrota A’yun Ponorogo; (2) kontribusi program tahfizh entrepreneur dalam meningkatkan karakter tanggung jawab dan mandiri siswa; dan (3) kendala dalam pelaksanaan program tahfizh entrepreneur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan yang tekun, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan program tahfizh Al-Qur’an terdiri dari tahapan pertama perencanaan disusun melalui: menetapkan program; menentukan indikator keberhasilan program; menentukan penanggung jawab; menetapkan jadwal pelaksanaan. Tahapan kedua yaitu kegiatan pelaksanaan program tahfizh Al-Qur’an melalui kegiatan proses hafalan dengan menggunakan metode tikrar; talaqqi; dan muroja’ah. Tahapan terakhir adalah evaluasi melalui kegiatan tasmi’. Pelaksanaan program entrepreneur melalui kegiatan market day dan bussines day; (2) kontribusi pelaksanaan program tahfizh entrepreneur dalam meningkatkan karakter tanggung jawab dan mandiri sudah terlaksana dengan baik ditunjukkan ketika siswa berkomitmen untuk menghafal Al-Qur’an, menyerahkan setoran hafalan sesuai ketentuan dan petunjuk yang ada, siswa juga mandiri ketika hafalan tanpa menunggu instruksi sudah siap melaksanakan tugas. Pada program entrepreneur karakter tanggung jawab dan mandiri meningkat ketika pelaksanaan kegiatan market day dan bussines day siswa dengan penuh tanggung jawab untuk menghabiskan barang jualan serta mandiri menawarkan barang jualan ke orang lain tanpa butuh pendampingan; dan (3) kendala yang muncul ketika pelaksanaan program tahfizh entrepreneur yaitu menghadapi siswa yang kurang cepat dan terbatas dalam menghafal serta dalam pelaksanaan kegiatan market day pada kelas bawah sebagian siswa masih kesulitan dalam mengembalikan uang kembalian dan ramai ketika mengantre.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Moh. Miftachul Choiri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:16 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29314 |
Actions (login required)
View Item |