Alifah, Zulfa Rully (2024) Kreativitas Mengajar Guru PAI Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
201190304_Zulfa Rully Alifah_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Alifah, Zulfa Rully. 2024. Kreativitas Mengajar Guru PAI Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan Isntitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata kunci: Kreativitas, Mengajar, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Guru merupakan kunci utama dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Jika seorang guru mampu mengembangkan pemikirannya dan menuangkan kreativitas dalam setiap pembelajaran maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal. Dalam hal ini yang dimaksud adalah kreativitas mengajar guru dalam proses belajar mengajar. Adanya penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa peserta didik kesulitan dalam menerima dan memahami materi sejarah kebudayaan Islam (SKI). Sehingga akan berdampak pada pemahamn siswa terhadap pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Oleh karenanya dibutuhkan kreativitas guru dalam penggunaan metode dan media pembelajaran dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Kreativitas mengajar guru PAI dalam penggunaan metode pembelajarn pada proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 1 Ponorogo (2) Kreativitas mengajar guru PAI dalam menggunakan media pembelajarn pada proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 1 Ponorogo
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model MileS, Huberman dan Saldana yaitu reduksi data, penyajian data, dan verification/penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Ponorogo bervariasi ditunjukkan dengan kemampun menggunakan berbagai macam metode pembelajaran dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam disamping itu guru PAI memodifikasi dari berbagai metode sehingga menghasilkan metode yang baru yang diberi nama metode Math Playground Forced Assignment serta metode jigsaw wayang. (2) Kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran bervariasi ditunjukkan dengan penerapkan berbagai macam media pembelajaran dan memodifikasi media visual dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berupa karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi dan tercipta media baru yang diberi nama likurdin, dalam memilih media pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengan materi yang disampaikan dan sarana prasarana yang ada di madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Miftahul Ulum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:14 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29312 |
Actions (login required)
View Item |