Barik, Muhammad Zidni Alfian (2024) Implementasi Metode Al-Miftāḥ Lil-‘Ulūm (Mudah Belajar Membaca Kitab) dalam Pembelajaran Nahwu Sharaf di Madrasah Miftahul Huda Mayak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200144_Muhammad Zidni Alfian Barik_Pendidikan Agama Islam..pdf Download (881kB) | Preview |
Abstract
Madrasah Miftahul Huda merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak yang masih melestarikan ajaran para ulama’-ulama’ salaf sehingga dalam pembelajarannya masih menggunakan kitab kuning. Oleh karena itu, para santri dituntut faham mengenai konsep daripada kitab kuning itu sendiri. Dalam proses memahami kitab kuning setidaknya harus menguasai ilmu nahwu dan ilmu sharaf, karena dua ilmu inilah yang menjadi gerbang utama untuk memahami dan mengkaji berbagai kitab kuning. Di Madrasah Miftahul Huda telah diterapkan metode Al-Miftāḥ Lil-‘Ulūm, sebuah metode dasar untuk mengenal secara mendalam mengenai kaidah-kaidah nahwu dan sharaf yang disusun secara praktis sebagai jalan untuk memudahkan santri dalam memahami kitab kuning.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) langkah-langkah metode Al-Miftāḥ Lil-‘Ulūm dalam pembelajaran nahwu sharaf di Madrasah Miftahul Huda Mayak; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode Al-Miftāḥ Lil-‘Ulūm di Madrasah Miftahul Huda Mayak; (3) Implikasi dari penerapan metode Al-Miftāḥ Lil-‘Ulūm dalam pembelajaran nahwu sharaf di Madrasah Miftahul Huda Mayak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusion drawing), verifikasi (verification), pengembangan model (model building) dan penyusunan laporan (write-up). Sedangkan keabsahan data dijamin dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran nahwu sharaf dengan menggunakan metode Al-Miftāḥ Lil-‘Ulūm dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2) Adapun faktor pendukungnya yaitu minat tinggi santri karena pembahasan yang singkat dan desain menarik, sarana prasarana yang mendukung dan tenaga pendidik yang bersertifikasi, akan tetapi dalam prakteknya terdapat beberapa hambatan mulai dari kurangnya tenaga pendidik, waktu pembelajaran yang kurang efektif dan kejenuhan materi. (3) Implikasi dari penerapan metode ini sangat berpengaruh baik diantaranya: lingkungan belajar yang dinamis, berkembangnya minat membaca kitab, memudahkan pemahaman nahwu yang tingkatannya lebih tinggi, mempermudah pembelajaran cabang ilmu lain selain nahwu dan meningkatkan kepercayaan diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mughniatul Ilma |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:13 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:13 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29310 |
Actions (login required)
View Item |