Masruri, Subhan (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN DI SMPN 3 PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
502220041_Subhan Masruri_MPI_A4 Watermark.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
iii
MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN
KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN
DI SMPN 3 PONOROGO
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara harapan
Masyarakat dan sekolah tentang kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang optimal
dan kenyataan masih banyaknya siswa yang belum mempunyai kemampuan membaca
Al-Qur’an dengan baik dan benar. Selain itu juga dilatarbelakangi dengan
pengimplementasian Peraturan Bupati Ponorogo Nomor 37 tahun 2022, sehingga
diadakan perubahan pada struktur pembelajaran, dengan menambahkan jam Pelajaran
dibidang keagamaan. Peneliti melakukan penelitian di SMPN 3 Ponorogo karena
Lembaga tersebut telah mengimplementasikan Peraturan Bupati yang telah ditetapkan
dan telah menghasilkan output yang cukup optimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan manajemen
pembelajaran Al-Qur’an, (2) implementasi pembelajaran Al-Qur’an, serta (3) evaluasi
pembelajaran Al-Qur’an di SMPN 3 Ponorogo yang dilakukan untuk meningkatkan
kompetensi membaca Al-Qur’an siswanya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data milik Miles
Huberman dan Saldana, yaitu pemilihan data, kondensasi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Selanjutnya teknik keabsahan datanya menggunakan pendekatan waktu
penelitian serta triangulasi sumber dan metode.
Temuan yang diperoleh adalah perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan
kompetensi membaca Al-Qur’an di SMPN 3 Ponorogo dilakukan dengan membentuk
tim perencana, menetapkan pengurus bidang keagamaan, dan merencanakan program
berdasarkan kebutuhan dan tujuan siswa. Setelah itu dibuatlah program pembelajaran
Al-Qur’an yang strategis dan realistis sebagai upaya keberhasilan program dan untuk
mencapai tujuan dan target yang sudah ditetapkan. Implementasi pembelajaran Al-
Qur’an untuk meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur’an dilaksanakan dan
didukung oleh pihak sekolah secara maksimal. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa
sejak tahun 2021 telah meningkat secara signifikan serta hafalan siswa yang terus
bertambah dan adanya kepuasan orang tua terkait perkembangan anaknya. Program
yang diterapkan diantaranya adalah pengelompokan siswa sesuai kemampuan
membaca Al-Qur’an, penganggaran khusus pembelajaran Al-Qur’an, mendatangkan
tenaga ahli Al-Qur’an, penyediaan jam intrakulikuler Al-Qur’an, dan pengadaan MOU
dengan pondok pesantren tahfidz, serta didukung juga dengan penyediaan fasilitas yang
baik, aman dan nyaman oleh sekolah. Evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan
kompetensi membaca Al-Qur’an dilakukan pada akhir semester yang dilakukan oleh
Ustadz dan Ustadzah yang mengajar dibidang Al-Qur’an dengan melaksanakan uji
publik sesuai tingkatannya. Pelaksanaan evaluasi digunakan mengetahui hasil dari
program serta kendala dan hambatan program.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syafiq Humaisi Elfi Yuliani Rochmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:07 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:07 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29300 |
Actions (login required)
View Item |