..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar IPS Siswa Kelas IX SMPN 2 Jetis Ponorogo

Pradana, Bayu Adi (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar IPS Siswa Kelas IX SMPN 2 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208190044_BAYU ADI PRADANA_TIPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pradana, Bayu Adi. 2024. Strategi Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar IPS Siswa Kelas IX SMPN 2 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Zazak Soraya, M.Ed.

Kata Kunci: Strategi Guru, Konsentrasi Belajar, IPS

Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Seorang guru yang profesional diharapkan mampu menunjukkan kemampuannya di kelas. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan mengkomunikasikan pembelajaran kepada siswanya. Oleh sebab itu, dalam suatu proses pembelajaran tentu perlu adanya konsentrasi dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar IPS siswa IPS kelas IX di SMPN 2 Jetis Ponorogo dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa IPS siswa kelas IX di SMPN 2 Jetis Ponorogo
Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisisnya meliputi pengumpulan data, kondensasi, penyajian data, yang mencakup kata-kata dan kalimat informasi narasumber dan tindakan dari objek penelitian dengan berjumlah enam partisipan, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut ditemukan beberapa strategi guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar IPS: 1) Strategi guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar IPS siswa kelas IX SMPN 2 Jetis, dalam pelaksanaanya menggunakan: a) Strategi pembelajaran ekspositori, dengan menggabungkan metode ceramah dan memberikan kuis-kuis terkait materi. Terdapat lima tahapan umum dalam penerapan strategi ekspositori: persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulan, mengaplikasikan. b) Strategi pembelajaran kooperatif, dalam strategi ini guru IPS menggunakan model pembelajaran group to group, guru memberikan tugas berbeda kepada kelompok yang berbeda. Kelompok yang sudah menyelesaikan tugasnya masing-masing kemudian menyampaikan hasil dari kelompoknya. 2) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar IPS siswa kelas IX SMPN 2 Jetis. Faktor pendukungnya antara lain: a) Faktor jasmani, b) Faktor peran kepala sekolah, c) Faktor kecakapan dan keahlian guru, d) Faktor sarana dan prasarana. Sedangkan untuk faktor penghambatnya, untuk faktor internalnya yakni faktor yang datang dari dalam diri sendiri seperti: ketika memasuki jam pelajaran siang siswa banyak yang mengantuk, ketika proses belajar mengajar ada siswa yang gaduh, kurangnya minat belajar dan motivasi belajar. Sedangkan faktor eksternalnya yakni faktor lingkungan, pergaulan di rumah, dan kebisingan yang menyebabkan siswa kurang bisa berkonsentrasi ketika pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:05
Last Modified: 01 Jul 2024 01:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29292

Actions (login required)

View Item View Item