Mustafidin, Wildan Wahib (2024) Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190291_Wildan Wahib Mustafidin_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mustafidin, Wildan Wahib. 2024. Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing :Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pembiasaan, Keagamaan, Religius
Pendidikan di Indonesia memuat tiga aspek yaitu aspek kogntif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga aspek tersebut harus dilakukan tanpa mengesampingkan salah satu aspek. Namun realitas lapangan menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan masih berfokus pada aspek kognitif saja, sehingga kemerosotan moral adalah konsekuensi dari kurangnya pembinaan aspek moral pada para siswa. Untuk menyikapi hal tersebut maka pemerintah menerapkan pembentukan karakter pada siswa. Karakter merupakan hal yang sangat penting dan mandasar, tidak lain karena orang yang berkarakter kuat dan baik adalah mereka yang memiliki akhlak, moral, dan budi pakerti yang luhur. Melihat urgensi karakter yang cukup signifikan, maka institusi pendidikan juga turut bertanggungjawab pada pelaksanaan pembinaan karakter melalui proses pembelajaran. Maka dari itu diperlukan berbagai usaha diantaranya melalui pembiasaan kegiatan keagamaan untuk membantu membentuk karakter religius siswa khusunya di MAN 3 Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan dalam pembentukan karakter religius di MAN 3 Madiun. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius di MAN 3 Madiun. (3) Hasil dari pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius di MAN 3 Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan mendeskripsikan tentang fenomena yang ada menggunakan kata-kata dan bukan angka. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dari hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius dilakukan melalui membaca Asmaul Husna, membaca Al-Qur’an, dan salat dhuha berjamaah. Adapun stategi yang diterapkan yaitu penerapan secara rutin; dilakukan secara alami dan diberikan contoh keteladanan oleh guru-guru atau tenaga pendidik; serta adanya evaluasi guna perbaikan secara berkelanjutan. (2) Faktor pendukung dan penghambat dapat berdampak pada pembiasaan kegiatan kegiataan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 3 Madiun. Faktor pendukung dipengaruhi oleh dukungan orang tua, lingkungan sekolah dan sarana prasarana, sedangkan faktor penghambat dipengaruhi oleh latar belakang siswa yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran siswa dan lingkungan pergaulan siswa. (3) Pembiasaan kegiatan keagamaan berdampak pada karakter religius yang baik dalam aspek pikiran, ucapan, dan tingkah laku dimana dapat dilihat dari indikator karakter religius yaitu takwa, syukur, ikhlas, sabar, tawakal, dan qanaah sehingga membentuk akhlakuk karimah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wahid Hariyanto |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 00:53 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 00:53 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29278 |
Actions (login required)
View Item |