ANALISIS SELF AWARENESS SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH PERAN GURU DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MA’ARIF 2 PONOROGO

Latifa, Zahro Rif'anil (2024) ANALISIS SELF AWARENESS SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH PERAN GURU DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MA’ARIF 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
etheses SKRIPSI 201200432 ZAHRO RIF'ANIL LATIFA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Latifa, Zahro Rif’anil. 2024. Analisis Self Awareness sebagai Mediator Pengaruh Peran Guru dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Karakter Religius Siswa SMP Ma’arif 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd.I.
Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Spiritual, Karakter Religius, Self Awareness
Peran guru dan kecerdasan spiritual memegang peranan penting dalam pembentukan karakter religius siswa. Seiring perkembangan zaman, karakter religius yang berada dalam diri siswa kian terkikis dan mulai menurun. Namun ada satu hal yang dapat dipertimbngkan ketika melihat fenomena tersebut yaitu kesadaran diri siswa itu sendiri. Untuk itu disini peran guru dan kecerdasan spiritual sangat berperan penting dalam pertumbuhan karakter religius siswa dibarengi dengan mediasi kesadaran diri setiap siswa.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh peran guru terhadap karakter religius di SMP Ma’arif 2 Ponorogo, (2) Pengaruh peran guru terhadap self awareness siswa di SMP Ma’arif 2 Ponorogo?, (3) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap karakter religius di SMP Ma’arif 2 Ponorogo, (4) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap self awareness siswa di SMP Ma’arif 2 Ponorogo, (3) Self awareness mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa di SMP Ma’arif 2 Ponorogo, (5) Peran self awareness dalam memediasi pengaruh amaliyah pagi terhadap karakter religius siswa di SMP Ma’arif 2 Ponorogo, (6) Pengaruh kecerdasan spiritual melalui self awareness terhadap pembentukan karakter religius siswa di SMP Ma’arif 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif. Jenis penelitian yaitu ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunkan angket dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 75 responden. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis SEM-PLS.
Berdasarkan hasil pengujian variable peran guru terhadap karakter religius siswa melalui self awareness sebagai variable mediasi yang memiliki nilai t-statistic 5,032 dan p-value sebesar 0,000 yang berarti bahwa self awareness dapat mempengaruhi peran guru terhadap karakter religius siswa. Sedangkan hasil pengujian variable peran guru terhadap karakter religius siswa melalui self awareness sebagai variable mediasi yang memiliki nilai t-statistic 2,126 dan p-value sebesar 0,034 yang bermakna bahwa self awareness dapat mempengaruhi kecerdasan spiritual terhadap karakter religius siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 00:50
Last Modified: 01 Jul 2024 00:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29274

Actions (login required)

View Item View Item