Konsep Adab Bertamu Dalam Perspektif Tafsir Ibnu Katsir Dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Kelas XI MA

Cahyanti, Farra Widya (2024) Konsep Adab Bertamu Dalam Perspektif Tafsir Ibnu Katsir Dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Kelas XI MA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Cahyanti, Farra Widya (2024) Konsep Adab Bertamu Dalam Q.S. An-Nur 27-29.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Cahyanti, Farra Widya. Konsep Adab Bertamu dalam Q.S. An-Nur: 27-29 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Kelas XI MA. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fery Diantoro, M.Pd.I.

Kata Kunci: Adab Bertamu, Q.S. An-Nur: 27-29, Tafsir Ibnu Katsir, Akidah Akhlak Kelas XI MA

Islam adalah agama yang memperhatikan masalah etika (akhlak), kultural (ilmu-IPTEK), dan profesi (amal shaleh-keahlian). Ketiga kesadaran inilah yang dibutuhkan di era global ini. Islam mengajarkan tata cara bertamu atau mengunjungi, memasuki rumah orang lain atau kerabat, sanak saudara maka harus mengetahui etika-etika bertamu dan mengamalkannya. Untuk dapat mengetahui adab-adab bertamu dalam syariat Islam, salah satunya dapat melalui kajian terhadap konsep adab bertamu dalam QS. An Nur: 27-29 perspektif tafsir Ibnu Katsir.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan konsep adab bertamu dalam QS. An Nur: 27-29 perspektif tafsir Ibnu Katsir serta (2) mendeskripsikan relevansi konsep adab bertamu dalam QS. An Nur: 27-29 terhadap materi Adab Bertamu pada pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MA.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan hermeneutika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep adab bertamu dalam QS. An Nur: 27-29 perspektif tafsir Ibnu Katsir meliputi: seseorang tidak boleh memasuki rumah orang lain sebelum meminta izin kepada para penghuninya dan memberikan ucapan salam kepada penghuninya, jika yang punya rumah menyuruh kembali, maka harus kembali, dan seseorang boleh masuk ke dalam rumah yang tidak didiami dan jika ada keperluan di dalamnya tidak perlu meminta izin. (2) Konsep adab bertamu dalam QS. An Nur: 27-29 dalam perspektif tafsir Ibnu Katsir memiliki relevansi terhadap materi Adab Bertamu dan Menerima Tamu pada pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MA karena dapat menumbuhkembangkan akidah Islami peserta didik melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik. Konsep adab bertamu dalam QS. An Nur: 27-29 dalam perspektif tafsir Ibnu Katsir dapat menjadi bagian dari mata pelajaran Akidah Akhlak, dan bisa menjadi bagian dari kurikulum pendidikan nasional, karena memuat materi adab bertamu menurut agama Islam, peningkatan iman dan takwa, juga tentang akhlak mulia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:56
Last Modified: 27 Jun 2024 04:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29267

Actions (login required)

View Item View Item