internalisasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di smp negeri 1 badegan ponorogo

'Azizah, Alviatul (2024) internalisasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di smp negeri 1 badegan ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Alviatul 'Azizah_505220004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki potensi besar untuk membentuk siswa menjadi pribadi yang lebih baik. Oleh karena itu, Profil Pelajar Pancasila yang diinternalisasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam akan memberikan dampak positif bagi siswa. SMP Negeri 1 Badegan merupakan salah satu sekolah penggerak pada jenjang sekolah menengah pertama di Kab. Ponorogo yang sudah menggunakan kurikulum merdeka selama 2 tahun terakhir. Penerapan kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di SMP Negeri 1 Badegan Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi di SMP Negeri 1 Badegan Ponorogo. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data A.M Huberman, Mattew B Milles and Johnny Saldana. Kemudian hasil dari analisis data tersebut dikumpulkan menjadi sebuah deskripsi yang berbentuk kata-kata.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi internalisasi Profil Pelajar Pancasila dan kontribusinya terhadap tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Badegan Ponorogo, serta dampak dari internalisasi Profil Pelajar Pancasila terhadap karakter siswa di SMP Negeri 1 Badegan Ponorogo. Sehingga melalui penelitian ini dapat diketahui proses awal sampai hasil penanaman nilai-nilai pancasila pada siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti yang tepat.
Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Proses perencanaan internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Badegan dimulai dengan membuat modul ajar yang terstruktur. Mulai dari tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran hingga penugasan. 2) Pelaksanaan internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dilaksanakan melalui 3 proses, yaitu proses pembiasaan siswa sebelum pembelajaran dimulai, proses penyampaian materi dan evaluasi 3) dampak internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti mampu menghasilkan siswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, mampu menghormati keragaman yang ada, memiliki kepedulian sosial, memiliki kemandirian, mampu berfikir secara kritis, dan memiliki kreativitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum, Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:53
Last Modified: 27 Jun 2024 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29255

Actions (login required)

View Item View Item