internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di madrasah aliyah al-islam joresan ponorogo

Ihwan, saiful (2002) internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di madrasah aliyah al-islam joresan ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
fulltext A5 upload eteses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Moderasi beragama menjadi hal yang sangat mendesak dalam masyarakat yang sangat plural seperti Indonesia. Apalagi ketika masyarakat terlihat terpecah belah akibat segregasi politik. Oleh karena itu perlu diadakannya internalisasi sikap moderasi beragama ini di lingkungan sekolah dan pesantren, peneliti memilih MA Al-Islam Joresan. Penelitian ini menggunakan indikator moderasi beragama dalam melihat ketercapaian internalisasinya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data interaktif Mils, Huberman Saldana meliputi kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dari internalisasi nilai moderasi beragama melalui tahapan internalisasi yaitu: transformasi nilai,transaksi nilai dan trans-internalisasi nilai-nilai moderasi beragama meliputi komitmen wawasan kebangsaan, toleransi anti kekerasan dan akomodatif terhadap budaya lokal.
Temuan yang diperoleh Transformasi atau pemberian informasi nilai moderasi beragama di MA Al-Islam Joresan meliputi komitmen wawasan kebangsaan melalui amanat pembina upacara serta dengan penyampaian materi nasionalisme pada pembelajaran PKn, sedangkan nilai toleransi tersampaikan pada motivasi yang diberikan oleh guru mengenai pentingnya hidup bersama, saling menghargai pendapat dan terdapat pula dalam pembelajaran al-Adyan, nilai anti kekerasan tersampaikan dalam sosialisasi yang diadakan madrasah melalui kepolisian dalam materi anti perundungan dan nilai akomodatif terhadap budaya lokal tertuang dalam pemakaian baju adat pada saat Khutbatul ‘Arsy dan pada acara tumpengan. Transaksi nilai-nilai moderasi beragama meliputi nilai komitmen kebangsaan (nasionalisme) terdapat dalam kegiatan upacara bendera hari Sabtu. Sedangkan dalam transaksi nilai toleransi tertuang dalam kegiatan diskusi di kelas dengan penerimaan pendapat siswa lain dalam memutuskan perkara. Dalam transaksi nilai anti kekerasan terdapat dalam kegiatan salaman atau berjabat tangan pada saat siswa bertemu dengan guru. Transaksi nilai akomodatif terhadap budaya lokal tertuang dalam kegiatan sima’an al-Qur’an dan tradisi angguk an. Trans-internalisasi atau bentuk pengakaran nilai moderasi beragama meliputi nilai nasionalisme terdapat dalam menyanyikan lagu Indoneisa Raya dan Mars Subbanul Wathan yang didalamnya terdapat lirik “hubbul wathan minal iman”. Selanjutnya mengenai trans-internalisasi niali toleransi terdapat dalam kegiatan I’lan yang memuat kepedulaian kepada sesama. Berikutnya mengenai trans-internalisasi nilai anti kekerasan ini dihapusnya sistem lama yang terdapat kekerasan di pondok pesantren diganti dengan hukuman non fisik. Trans-internalisasi nilai akomodatif terhadap budaya lokal tertuang dalam kegiatan pembacaan kitab kuning dan pembiasaan tahlil.

Kata Kunci: Internalisasi, Moderasi Beragama, Madrasah

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh.Miftachul Choiri Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:44
Last Modified: 01 Jul 2024 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29254

Actions (login required)

View Item View Item