manajemen pelatihan canva untuk peningkatan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru dalam pembelajaran di smp negeri 1 sambit ponorogo

WURYANTO, EDI (2024) manajemen pelatihan canva untuk peningkatan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru dalam pembelajaran di smp negeri 1 sambit ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502220016_EDI WURYANTO_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya perkembangan teknologi yang tidak dapat terhindarkan lagi, hal tersebut berdampak pada pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Pendidik dalam proses pembelajarannya harus dapat menggunakan media ajar yang berbasis teknologi agar tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi yang ada. Salah satu hal yang harus dimiliki oleh pendidik agar seseorang pendidik mampu menjalankan tugasnya secara profesional adalah kompetensi pendidik, seorang pendidik harus mampu memanfaatkan media berbasis teknologi yang tersedia saat ini untuk memudahkan dalam pembelajaran. Maka dari itu, perlu adanya manajemen peningkatan kompetensi TIK guru karena nantinya akan mempermudah pendidik dalam meningkatkan kompetensinya. Karena dengan adanya manajemen peningkatan kompetensi TIK guru tersebut dapat mempermudah peningkatan kompetensi baik pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data: observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam terhadap informan yang dianggap mempunyai pengetahuan yang komprehensif tentang informasi yang terkait dengan topik penelitian. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teorinya M.B Miles, A.M Huberman dan J Saldana yaitu data collection (pengumpulan data), data condensation (kondensasi data), selecting (pemilihan), data display (penyajian data), dan conclusion (kesimpulan).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi peningkatan kompetensi TIK guru dalam pembelajaran melalui pelatihan Canva di SMP Negeri 1 Sambit.
Berdasarkan hasil penelitian, temuan yang diperoleh adalah: (1) Perencanaan peningkatan kompetensi TIK guru dalam pembelajaran yaitu asesmen lingkungan internal-eksternal, perumusan visi-misi kemudian penetapan media ajar, pengenalan sekaligus pelatihan media ajar berupa Canva yang dalam hal tersebut dilakukan dengan cara rapat anggota yang diikuti oleh seluruh guru yang ada di SMP Negeri 1 Sambit dan disepakati secara bersama. (2) Pelaksanaan peningkatan kompetensi TIK guru dalam pembelajaran menggunakan empat mekanisme yaitu literasi, implementasi, kreasi dan kolaborasi yang diatur melalui pengorganisasian/job description, sistem controlling/ supervisi dan sharing session untuk mengoptimalkan pelaksanaan peningkatan kompetensi TIK guru. (3) Evaluasi peningkatan kompetensi TIK guru dalam pembelajaran dilakukan melalui penilaian rencana program pembelajaran kemudian adanya pengawasan dan controlling di kelas serta refleksi dan rencana tindak lanjut dari evaluasi. Dari hasil evaluasi 20 orang guru sudah mengimplementasikan Canva dalam rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, 3 orang guru mengimplementasikan Canva pada rencana pembelajaran, dan 1 orang guru belum mengimplementasikan pada rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran.

Kata kunci : Kompetensi TIK Guru, Pelatihan, Canva

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MUKHIBAT
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2024 09:25
Last Modified: 28 Jun 2024 09:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29249

Actions (login required)

View Item View Item