Penerapan Strategi Modelling The Way pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo

Pramesti, Vernanda Ayu (2024) Penerapan Strategi Modelling The Way pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201190470_ VERNANDA AYU PRAMESTI_ PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pramesti, Vernanda Ayu. 2024. Penerapan Strategi Modelling The Way pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M.Ag.

Kata Kunci: Modelling The Way, Akidah Akhlak, Motivasi Belajar Siswa

Penerapan strategi pembelajaran merupakan hal penting bagi pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran. Strategi Modelling The Way dinilai dapat menarik keaktifan dan perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran agama Islam terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan perencanaan dan penerapan strategi yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktikkan keterampilan spesifik yang dipelajari di kelas melalui demonstrasi dalam kelas. Dalam hal ini penerapan strategi Modelling The Way, bertujuan untuk meningkatkan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeksripsikan perencanaan srategi Modelling The Way pada mata pelajaran Akidah Akhlak guna meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo (2) Mendeskripsikan penerapan strategi Modelling The Way pada mata pelajaran Akidah Akhlak guna meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi Modelling The Way guna meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah konsep Miles, Huberman dan Saldana melalui langkah-langkah yang terdiri dari data condensation, data display, dan verivication.

Adapun data hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran yang dirancang guru terkait dengan aktivitas yang akan dilakukan guru maupun siswa, seperti penyusunan penggunaan strategi yang akan diajarkan, beserta sumber belajar dan media yang digunakan di dalam membantu proses pembelajaran. (2) Penerapan strategi Modelling the way pada mata pelajaran akidah akhlak mengharuskan siswa aktif dalam proses pembelajaran seperti presentase di depan kelas, adanya sesi tanya jawab dan juga diskusi sehingga menjadikan siswa termotivasi dan bersemangat mengikuti proses pembelajaran (3) Faktor pendukung dalam penerapan strategi tersebut yaitu guru yang selalu mengupayakan media pembelajaran seperti LCD dan juga laptop guna mendukung proses pembelajaran Akidah Akhlak, sementara faktor penghambat itu sendiri karena keadaan sebagian siswa yang berkebutuhan khusus sehingga tidak bisa maksimal dalam proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:15
Last Modified: 27 Jun 2024 05:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29248

Actions (login required)

View Item View Item