PEMBINAAN KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN INTEGRITAS KARYAWAN PT. SURYA AMANAH CENDEKIA PONOROGO

Choiriyah, Wizdan (2024) PEMBINAAN KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN INTEGRITAS KARYAWAN PT. SURYA AMANAH CENDEKIA PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
501200023_Wizdan Choiriyah_Pasca ES.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesuksesan suatu bisnis tidak hanya diukur dari segi finansial semata tetapi juga dari aspek moral dan etika yang menjadi landasan dalam setiap langkah bisnis. Integritas merupakan istilah penting dalam etika bisnis berkaitan dengan moralitas atau akhlak pelaku ekonomi yang menjadi perhatian utama dalam membangun fondasi bisnis yang berkelanjutan dan beretika. Integritas memainkan peran kunci dalam membangun kepercayaan konsumen dan menjaga stabilitas serta keberlanjutan bisnis di masa depan. Hal ini menjadi pertimbangan perusahaan untuk memberikan pembinaan keagamaan bagi karyawannya. Karyawan dengan nilai spiritualitas yang tinggi akan senantiasa menjaga agama sebagai pedoman hidup sehingga terbentuk pribadi berintegritas.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan pembinaan keislaman karyawan PT. SAC Ponorogo, tujuan pelaksanaan pembinaan serta menganalisis dampak pembinaan keislaman tersebut terhadap integritas karyawan PT. SAC Ponorogo.
Pembinaan keislaman karyawan PT. SAC Ponorogo tercermin dalam beberapa kegiatan, yaitu briefing, pembinaan dan pembiasaan via SAC Apps (laporan kinerja, alarm shalat, flyer doa, dan Al-Qur’an digital), evaluasi bagi karyawan yang bermasalah dan yang akan naik jabatan, himbauan Jum’at Mengaji dan shalat berjamaah, pemberian reward dan punishment, baitul arqam, upgrading dan pelatihan serta penguatan keteladanan pemimpin. Tujuan pembinaan keislaman ini adalah meningkatkan aspek iman, ilmu dan amal dalam bekerja maupun ibadah sehingga meningkatkan integritas karyawan. Tujuan pelaksanaan pembinaan keislaman karyawan PT. SAC Ponorogo adalah meningkatkan religiusitas, keilmuan, keterampilan, kualitas dan akhlak karyawan. Ditinjau dari teori fenometologi Alfred Schutz, pembinaan keislaman karyawan PT. SAC Ponorogo dilakukan karena (because motive) kewajiban dan tanggung jawab perusahaan atau pemimpin untuk untuk mengubah perilaku, kemampuan dan keterampilan karyawan yang berasal dari berbagai latar belakang menjadi lebih baik sehingga berdampak pada peningkatan integritas dan kinerja karyawan (in order to motive). Karyawan PT. SAC Ponorogo setelah mendapatkan pembinaan keislaman mampu menjalankan tanggung jawab dari amanah pekerjaan, menepati kontrak dan budaya kerja yang telah disepakati bersama, jujur, menjaga setiap pekerjaan yang dilakukan diniatkan sebagai ibadah dan selalu merasa diawasi oleh Allah, serta konsisten (istiqomah) atas setiap perbuatannya.

Kata kunci: Pembinaan Keislaman, Integritas Karyawan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi dan Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:11
Last Modified: 27 Jun 2024 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29241

Actions (login required)

View Item View Item