Implikasi Pembelajaran Adab Menghafal Al-Qur’an Santri dalam Kitab Al-tibyān Fi Adābi Hamalat Al-qur’ān di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Falah Magetan

Sihabudin, Aziz (2024) Implikasi Pembelajaran Adab Menghafal Al-Qur’an Santri dalam Kitab Al-tibyān Fi Adābi Hamalat Al-qur’ān di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Falah Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AZIZ_Sihabudin_201190333 2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sihabudin, Aziz. 2024. Implikasi Pembelajaran Adab Menghafal Al-Qur’an Santri dalam Kitab Al-tibyān Fi Adābi Hamalat Al-qur’ān di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Falah Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo, M.Pd.I.

Kata Kunci : Adab, Menghafal Al-Qur’an, Pondok Pesantren

Adab merupakan aspek yang di dalamnya terkandung banyak sekali nilai yang berhubungan dengan ajaran agama Islam. Terlebih dalam rangka memuliakan al-Qur’an, tentunya membutuhkan adab yang mulia dalam rangka menghafal al-Qur’an. Di era sekarang masih banyak para penghafal al-Qur’an yang belum menerapkan adab-adab yang seharusnya di lakukan oleh penghafal al-Quran, begitu juga di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Falah Pondok yang berbasis tahfidz tersebut masih terdapat banyak santri yang belum menerapkan adab, khususnya adab dalam menghafal al-Qur’an. Dikarenakan adab menghafal al-Qur’an berpengaruh terhadap proses menghafal, baik itu dari segi keberhasilan maupun dari segi keberkahan dan juga dengan adablah penghafal al-Qur’an mendapatkan syafaat al-Qur’an. Maka dari itu, pembelajaran adab menghafal al-Qur’an di suatu pondok pesantren merupakan aspek yang sangat penting.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah : (1) Pembelajaran Kitab al-Tibyān Fi adābi Hamalat al-Qur’ān ? (2) implikasi Pembelajaran adab menghafal al-Qur’ān santri dalam kitab al-Tibyān fi ādābi Ḥamalat al-Qur’ān untuk membentuk adab santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Falah Magetan ? (3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran adab menghafal al-Qur’ān santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Falah Magetan ?.
Untuk menjawab pertanyaan diatas penulis menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah peneliti lakukan, (1) Pembelajaran kitab al-Tibyān fi ādābi Ḥamalat al-Qur’ān meliputi: Wetonan/Bandongan guru membacakan dan menjelaskan isi kitab sementara santri mendengarkan dan memberi makna, ceramah ketika guru sudah membacakan makna kitab, guru akan menjelaskan isi kitab. Materi kitab: Perilaku mulia, menjauhi larangan al-Qur’an, pekerjaan tidak hina, memulikan diri dari pejabat angkuh, rendah diri, dilarang menggunakan al-Qur’an sebagai penghasilan, banyak membaca al-Qur’an, menjaga hafalan. (2) Implikasi: Mematuhi peraturan pondok, memakai barang orang lain, pekerjaanya baik, hanya berhubungan dengan pejabat yang baik, tidak menyombongkan diri, ikhlas dalam menyebarkan ilmu, aktif mengikuti kegiatan membaca al-Qur’an, mengikuti kegiatan ziyadah hafalan al-Qur’an (3) Faktor pendukung dan penghambat meliputi: Faktor murid, sarana prasarana dan lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:18
Last Modified: 27 Jun 2024 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29237

Actions (login required)

View Item View Item