Penerapan Critical Thinking Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SMPN 1 Sambit Ponorogo

Valentina, Shintia Putri (2024) Penerapan Critical Thinking Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Valentina, Shintia Putri. 2024. Penerapan Critical Thinking pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka Belajar Siswa di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata kunci: Critical Thinking, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka.
Penerapan critical thinking pada kegiatan pembelajaran memiliki tujuan untuk mempersiapkan diri siswa untuk menghadapi persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pembelajaran dikelas maupun diluar pembelajaran seperti dikehidupan sosial siswa. Dalam penerapan critical thinking ini diharapkan siswa mampu menganalisis persoalan serta mengambil Keputusan yang berkaitan dengan pembelajaran dikelas maupun diluar kelas.Berdasarkan pertimbangan tersebut, profil pelajar pencasila terdiri dari enam dimensi salah satunya adalah dimensi bernalar kritis(Critical thinking).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan Penerapan Critical Thinking pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SMPN 1 Sambit Ponorogo (2) mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Critical Thinking pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SMPN 1 Sambit Ponorogo (3) mengetahui dan mendeskripsikan dampak dari Penerapan Critical Thinking pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 1 Sambit Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data-data yang valid dilakukan dengan kegiatan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang digunakan untuk mengecek keabsahan data yang digunakan adalah Teknik triagulasi sumber dan meningkatkan ketekunan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)Penerapan Critical Thinking pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka Belajar sudah sesuai dengan panduan penerapan kurikulum Merdeka, upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam meningkatkan Critical thinking dilakukan dengan cara seperti kegiatan menganalisis gambar, kegiatan diskusi, kegiatan pembuatan project dan kegiatan assessment. (2)faktor pendukung dalam penerapan Critical Thinking pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka Belajar adalah kompetensi dari pendidik dan kebebasan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapaun faktor penghambat ialah kurangnya rasa percaya diri pada siswa dan kebiasaan bullying (3)Dampak dari Penerapan Critical Thinking pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka Belajar sudah dinilai sangat bagus, banyak siswa yang sudah percaya diri di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:47
Last Modified: 26 Jun 2024 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29221

Actions (login required)

View Item View Item