Rohman, Hilmi Taufiqur (2024) Optimalisasi Daya Ingat Siswa Dalam Menghafal Al-Qur'an Dan Hadis Melalui Metode Takrir (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas XI MIPA MAN 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190380 HILMI TAUFIQUR ROHMAN PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rohman, Hilmi Taufiqur. 2024. Optimalisasi Daya Ingat Siswa dalam Menghafal Al-Qur’an dan Hadis Metode Takrir (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas XI MIPA MAN 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I
Kata kunci: Optimalisasi, Daya Ingat Siswa, Metode Takrir
Dalam menghafal al-Qur’an tidak boleh sembarangan, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satu syaratnya adalah harus bisa membaca al-Qur’an dengan lancar dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Salah satu metode yang digunakan untuk menghafal al-Qur’an dan Hadis adalah metode Takrir, metode Takrir merupakan salah satu cara agar informasi atau materi yang masuk ke dalam memori jangka pendek dapat berlangsung menuju ke memori jangka panjang, hal ini dapat dilakukan dengan pengulangan. Penelitian ini membahas mengenai optimalisasi daya ingat siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadis melalui metode Takrir di MAN 1 Ponorogo. Penelitian ini dilatar belakangi karena dalam proses pembelajaran minat dan kemampuan mengingat siswa masih kurang dan sangat rendah. Hal tersebut disebabkan adanya kemampuan siswa yang berbeda-beda.
Tujuan dari penelitian ini: (1) mendeskripsikan penggunaan metode Takrir dalam mengoptimalkan daya ingat siswa dalam menghafal al-Qur'an dan Hadis pada mata pelajaran al-Qur'an Hadis; (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode Takrir dalam mengoptimalkan daya ingat siswa dalam menghafal Al-Qur'an dan Hadis pada mata pelajaran al-Qur'an Hadis;
(3) Mendeskripsikan dampak penggunaan metode Takrir dalam mengoptimalkan daya ingat siswa dalam menghafal Al-Qur'an dan Hadis pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk melengkapi data penelitian. Analisis data kualitatif adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisir data, memilah-milahnya menjadikan satuan yang dapat dikelola, mensistensikannya, menentukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) penggunaan metode Takrir untuk mengoptimalkan daya ingat siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadis terbagi menjadi tiga kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; (2) faktor pendukung dalam pelaksanaan metode Takrir yaitu adanya waktu yang cukup bagi siswa dalam menghafal, adanya motivasi yang diberikan guru, dan adanya lingkungan yang mendukung dalam penerapan metode Takrir. Sedangkan, faktor penghambatnya adalah kemampuan dasar siswa yang berbeda-beda; (3) dampak dari penerapan metode Takrir di MAN 1 Ponorogo dalam optimalisasi daya ingat siswa dalam menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadis adalah rekognisi dan performance. Rekognisi berdampak pada kemampuan siswa dalam menghafal dan mengulangi ayat yang mengalami peningkatan dengan baik dibandingkan sebelumnya. Performance berdampak pada peningkatan kemampuan siswa dalam menghafal ayat, yang secara positif mempengaruhi kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan atau soal dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Zeni Murtafiati Mizani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:47 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29220 |
Actions (login required)
View Item |