PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL BERBASIS WEBSITE SIMBAH DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MAPEL PAI DI SMKN 1 JENANGAN PONOROGO

Sajidah, Dwi Hera Nur (2024) PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL BERBASIS WEBSITE SIMBAH DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MAPEL PAI DI SMKN 1 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200270_Dwi Hera Nur Sajidah_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sajidah, Dwi Hera Nur. 2024. Penerapan Teknologi Digital Berbasis Website SIMBAH dalam Mengembangkan Pemahaman Siswa pada Mapel PAI di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ika Rusdiana, M.A.

Kata Kunci: pembelajaran berbasis website, virtual class SIMBAH, Pemahaman siswa, Mapel PAI.

Perkembangan teknologi digital membawa banyak manfaat pada berbagai kegiatan dalam kehidupan manusia. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan, berbagai inovasi pada bidang teknologi telah dikembangkan guna memudahkan kegiatan pembelajaran. Salah satunya mengenai pembelajaran berbasis website. SMKN 1 Jenangan Ponorogo memiliki website digital yang berguna untuk membantu seluruh proses baik administrasi, manajemen maupun pembelajaran berbasis digital yang diberi nama SIMBAH (Sistem manajemen sekolah). Berbagai kemudahan yang ditawarkan website tersebut juga diaplikasikan dalam hal membantu siswa dalam mengembangkan pemahamannya. Banyaknya jumlah mata pelajaran membuat siswa kurang begitu memahami materi yang diajarkan, khusunya pada mapel PAI yang memiliki jumlah materi cukup banyak sehingga memerlukan waktu yang lebih guna memahami materi-materi yang ada didalamnya. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui bagaimana penerapan teknologi digital berbasis website “SIMBAH” dalam mengembangkan pemahaman mapel PAI pada siswa kelas X di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami: 1). Model penerapan teknologi digital berbasis website “SIMBAH” dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas X; 2). Pemahaman siswa pada mapel PAI melalui penerapan teknologi digital berbasis website “SIMBAH”.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, lokasi penelitian bertempat di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu: data condensarion, data display, dan verifications.
Penelitian ini menujukkan: 1). Model penerapan teknologi digital berbasis website “SIMBAH” dalam pembelajaran PAI dilaksanakan dengan cara menggabungkan dua model belajar, yakni belajar tatap muka dalam kelas dan belajar secara daring atau di luar kelas (blended learning) dengan memanfaatkan menu virtual class yang ada di SIMBAH. 2). Penggunaan bantuan virtual class “SIMBAH” dalam pembelajaran menunjukkan adanya perkembangan pemahaman siswa pada mapel PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:38
Last Modified: 26 Jun 2024 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29211

Actions (login required)

View Item View Item