Mudaiyana, Helda (2024) Penerapan Metode Al-Mau'izah Al-Hasanah dalam Pembelajaran Kitab Alala untuk Menanamkan Adab Mencari Ilmu pada Santri Madrasah Diniyah Al-Mujahidin Klagen Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI ETHESIS HELDA MUDAIYANA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mudaiyana, Helda. 2024. Penerapan Metode AAl-Mau'izah Al-Hasanah dalam Pembelajaran Kitab Alala untuk Menanamkan Adab Mencari Ilmu pada Santri Madrasah Diniyah Al-Mujahidin Klagen Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode Al-Mau'izah Al-Hasanah, Pembelajaran Kitab Alala, Adab Mencari ilmu.
Penggunaan metode yang kurang tepat sering kali menjadi penghambat mencapai tujuan pembelajaran, maka diperlukan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu tujuan pembelajaran yakni mampu menanamkan adab sejak dini pada siswa, utamanya adab dalam mencari ilmu. Untuk mencapai tujuan tersebut ustaz diharapkan mampu menanamkan adab mencari ilmu dengan menerapkan metode al-Mau'izah al-Hasanah dalam pembelajaran kitab Alala
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode al-Mau'izah al-Hasanah dalam kegiatan pembelajaran Kitab Alala untuk menanamkan adab mencari ilmu pada santri Madrasah Diniyah Al-Mujahidin Klagen Magetan; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode al-Mau'izah al-Hasanah dalam pembelajaran Kitab Alala untuk menanamkan adab mencari ilmu pada santri Madrasah Diniyah Al-Mujahidin Klagen Magetan; (3) mengetahui implikasi penerapan metode al-Mau'izah al-Hasanah dalam pembelajaran Kitab Alalauntuk menanamkan adab mencari ilmu pada santri Madrasah Diniyah Al-Mujahidin Klagen Magetan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian studi kasus. Adapun sumber data primernya yakni ustaz dan santri kelas 2-A, sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumentasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilaksanakan dengan triangulasi dan meningkatkan ketekunan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode al-Mau'izah al-Hasanah dalam pembelajaran Kitab Alala untuk menanamkan adab mencari ilmu pada santri Madrasah Diniyah Al-Mujadihin dilaksanakan dengan penyampaian yang baik, gaya bahasa yang mudah dipahami, pengucapan yang lembut, menyisipkan nasihat, bimbingan, dan juga arahan, tidak berbicara kasar, menyudutkan bahkan melecehkan, serta penyampaian secara bertahap; (2) faktor pendukung metode aal-Mau'izah al-Hasanah dalam pembelajaran Kitab Alala untuk menanamkan adab mencari ilmu pada santri Madrasah Diniyah Al-Mujadihin yakni pengalaman mengajar dan penguasaan metode pembelajaran oleh ustaz, serta semangat belajar santri, sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu pembelajaran terbatas dan suasana kelas yang tidak mendukung; (3) implikasi metode al-Mau'izah al-Hasanah dalam pembelajaran Kitab Alala untuk menanamkan adab mencari ilmu pada santri Madrasah Diniyah Al-Mujadihin dapat dilihat dari perubahan adab yang muncul dari santri meliputi, sikap menghormati dan beradab kepada guru, berbagi dan mengamalkan ilmu, bersiap di majlis ilmu, menghormati majlis, dan haus ilmu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Zeni Murtafiati Mizani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:29 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29200 |
Actions (login required)
View Item |