Sinta, Elsya Laras (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Etheses Skripsi Elsya Laras Sinta 1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sinta, Elsya Laras. 2024. Nilai-nilai Karakter Religius dalam Film 99 Cahaya di Langit Eropa dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam di SMA. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Risti Aulia Ulfah, M.Pd.
Kata Kunci: Karakter religius, Fase kelas, Pendidikan Agama, Film, Kurikulum Merdeka.
Karakter religius mencakup sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Namun banyak permasalahan karakter religius pada remaja yang terjadi mengarah pada hal negatif. Ahmad Habibie menjelaskan data merosotnya karakter siswa menengah menurunya indeks rata-rata karakter siswa dari 74,41 menjadi 62,52. Oleh karena itu, karakter religius menjadi cara dalam menangani permasalahan tersebut. Hal ini bisa menggunakan fasilitas dan media yang tepat agar karakter religius dapat berjalan secara efektif dengan memanfaatkan media teknologi audio visual dalam pembelajaran secara optimal agar proses transfer ilmu pengetahuan antara pendidik dan peserta didik dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Film menjadi salah satu media yang efektif dalam menyampaikan tentang karekter religius.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui identifikasi film 99 cahaya di langit Eropa terhadap nilai religius; (2) Untuk mengetahui relevansi nilai religius film 99 Cahaya di Langit Eropa terhadap materi pendidikan agama Islam di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi content. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah film 99 cahaya di langit Eropa, data dikumpulkan langsung oleh peneliti dalam adegan-adegan tertentu melalui proses pengamatan tayangan dan pencatatan dialog-dialog menjadi sebuah kalimat. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini menggunakan berbagai macam literatur-literatur pendukung yang berhubungan dengan objek penelitian.
Temuan penelitian ini yaitu (1) Sikap cinta damai dan toleransi ditunjukkan oleh Hanum dan Rangga damai berbagai tindakan dan sikapnya dalam menghadapi konflik serta toleransi terhadap perbedaan budaya dan agama dengan berinteraksi dengan berbagai orang di Eropa. Pengetahuan agama ditunjukkan oleh Hanum, Fatma dan Aysee mengalami pengalaman spiritual yang mendalam belajar tentang sejarah Islam dari berbagai sumber. Pengamalan agama ditunjukkan oleh Rangga yang tetap konsisten dalam beribadah dan pengamalan ibadah baru bagi Stefan; (2) Film 99 Cahaya di Langit Eropa kurang relevan menjadi media pembelajaran terhadap materi pendidikan agama Islam di SMA. Data analisis menunjukkan hanya 3 dari 26 materi pendidikan agama Islam di SMA diantaranya yaitu cinta tanah air dan moderasi beragama, menguatkan kerukunan melalui toleransi dan perkembangan peradaban Islam di dunia dengan elemen Al-Qur’an, Akhlak, dan Sejarah peradaban Islam yang mencakup nilai toleransi dan pengetahuan agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Risti Aulia Ulfah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:20 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29190 |
Actions (login required)
View Item |