Cahya, Herdy Nova (2024) PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENGOPTIMALAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMPN 1 JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200307_HERDY NOVA CAHYA_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti yang monoton tanpa adanya variasi media
pembelajaran masih menjadi masalah bagi guru dalam
menunjang kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu,
penggunaan multimedia interaktif dilaksanakan SMPN 1Jetis
Ponorogo dengan memperbanyak variasi-variasi media
pembelajaran untuk pengoptimalan kemampuan berpikir
kritis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1)
penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN
1 Jetis Ponorogo; (2) faktor yang mempengaruhipenggunaan
multimedia interaktif pada mata pelajaranPendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo;
(3) dampak penggunaan multimedia interaktif pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam
pengoptimalankemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII
SMPN 1 Jetis Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teori dari
Miles, Huberman, dan Saldana berupa kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penggunaan
multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 1 Jetis
Ponorogo dilaksanakan dengan melakukan persiapan alatdan
bahan berupa laptop, LCD proyektor, sound system, danWi-
Fi, perangkat pembelajaran berupa modul ajar dengan
mendesain animasi wajah bergerak dengan aplikasi Canva,
pelaksanaan kegiatan awal mengucapkan salam, penjelasan
materi dan tujuan pembelajaran, absensi siswa, kegiatan inti
di isi dengan menayangkan video pembelajaran dilanjutkan
sesi tanya jawab, diskusi, dan debat, kegiatan penutup berupa
refleksi materi dan evaluasi dilakukan guru dengan menilai
kinerja pembelajaran dengan rekan guru lainnya; (2)faktor
yang mempengaruhi penggunaan multimedia interaktif pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo berupa fasilitas,
penguasaan guru, dorongan sekolah, motivasi; (3) dampak
penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam
pengoptimalan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII
SMPN 1 Jetis Ponorogo, lebih aktif bertanya dan menjawab
pertanyaan, dapat mengembangkan minat dan bakat, lebih
aktif menyampaikan pendapat, mudah mengingat materi, dan
dapat berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Zeni Murtafiati Mizani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:20 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29189 |
Actions (login required)
View Item |