Hendrawan, Welly Oscar (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Metakognisi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200124_WELLY OSCAR HENDRAWAN_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hendrawan, Welly Oscar. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Metakognisi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Media Gambar, Kemampuan Metakognisi, Pelajaran Pendidikan Pancasila
Metakognisi merupakan bagian dari aspek pendukung kemampuan kognitif yang disertai dengan kemampuan berfikir tingkat tinggi dan kritis yang akan berhubungan dengan pemahaman yang intensif terhadap suatu pokok pikiran. Namun, tidak dapat dipungkiri masih banyak kegiatan pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah), dimana hal ini akan membuat peserta didik masih ragu dengan kemampuan metakognisinya. Upaya dalam mengatasi hal tersebut peneliti mempunyai inisiatif melakukan penelitian terhadap pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar terhadap kemampuan metakognisi siswa di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar pada siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo; (2) kemampuan Metakognisi siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo; (3) efektivitas model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar terhadap kemampuan Metakognisi siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitain kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk desain (Nonequivalent Control Groub Desain). Pengambilan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes untuk pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling Nonprobability Sampling dengan jenis Sampling Jenuh. Sabjek dalam penelitian ini yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Data penelitian diolah dengan uji hipotesis yaitu uji independent sample T-Test dan N-Gain Score.
Hasil penelitian ini yaitu (1) keterlaksanaan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar pada perspektif guru persentase sangat baik 98% dan perspektif siswa persentase sangat baik 97%, secara runtut mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup; (2) kemampuan metakognisi siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar mendapatkan rata-rata sebesar 85.77 dan kemampuan metakognisi siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) mendapatkan rata-rata sebesar 79.60. Nilai rata-rata kemampuan metakognisi siswa pada kelas menggunakan model Reciprocal Teaching berbantuan media gambar lebih unggul yakni dengan persentase 6% dibandingkan kelas menggunakan model konvensional (ceramah); (3) pada uji hipotesis dengan uji independent T-Test menggunakan model Reciprocal Teaching berbantuan media gambar dengan hasil sebesar 0.002 artinya nilai sig. ini lebih kecil dibandingkan 0.05. Berarti ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol atau ada efektif antara model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar terhadap kemampuan metakognisi siswa, sedangkan dengan uji N-Gain Score besaran efektivitas model Reciprocal Teaching berbantuan media gambar terhadap kemampuan metakognisi mendapatkan persentase 56.5% dengan tafsiran cukup efektif atau kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Restu Yulia Hidayatul Umah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:18 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:18 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29185 |
Actions (login required)
View Item |