..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING YANG DIKETAHUI OLEH KAJUR, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG)..Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Team Game Tournament Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V

Rafifah, Alifia Mutia (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING YANG DIKETAHUI OLEH KAJUR, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG)..Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Team Game Tournament Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH SKRIPSI ALIFIAMR 202300010 FIKS UP ETHESES.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rafifah, Alifia Mutia. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Team Game Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa Berbasis TGT, Operasi Hitung Pecahan

Pengembangan Lembar kerja siswa berbasis Team Game Tournament dalam mata pelajaran Matematika pada operasi hitung pecahan ini dikembangkan karena perlu adanya inovasi dalam menciptakan konsep belajar yang menyenangkan, sedangkan pada kegiatan pembelajaran Matematika siswa hanya menjadi pendengar pasif. Sebab, guru belum menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sehingga hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika kurang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan lembar kerja siswa berbasis Team Game Tournament. 2) Mengetahui efektivitas menggunakan Lembar kerja siswa berbasis TGT terhadap Hasil Belajar siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implmentation, Evaluasi). Penentuan tingkat kelayakan berdasarkan uji validasi Soal, ahli materi, ahli media, dan respon pengguna yang diterapkan pada kelas VB MIN 7 Magetan dengan responden 18 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan instrumen tes/soal tes. Teknik analisis data di bagi menjadi 2 tahap, yaitu analisis kelayakan media menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis efektivitas lembar kerja siswa berbasis TGT menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji non parametrik, uji n- gain.
Hasil penelitian dari validasi Soal oleh dua validator memperoleh yang telah dipaparkan dengan analisis deskriftif dengan kategori layak. Validasi materi dan media yang hanya terdiri dari satu orang validator memaparkan bahwa Lembar kerja siswa berbasis TGT dikategorikan layak. Dapat dikatakan bahwa Lembar kerja siswa berbasis Team Game Tournament layak untuk digunakan. Pada instrumen pengguna juga menyatakan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis TGT layak digunakan dengan memperoleh rata-rata persentase 82%. Sedangkan untuk efektifitas pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis TGT terhadap hasil belajar ini dihitung menggunakan N-Gain Score dengan menghitung selisih pretest dan posttest. Dari penghitungan N-Gain mendapatkan rata-rata N-Gain Score 0,74 dengan klasifikasi tinggi, sedangkan rata-rata dari N-Gain Persen 73,86 dengan klasifikasi cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:13
Last Modified: 26 Jun 2024 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29181

Actions (login required)

View Item View Item