Istikayani, Anis (2024) SIGNIFIKANSI PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, DAN PERAN KOMITE TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
502220006_Anis Istikayani_MPI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mutu pendidikan harus diperhatikan, terutama apabila ada permasalahan pada
mutu pendidikan. Salah satunya mutu pembelajaran yang mengalami penurunan di
beberapa lembaga pendidikan menegah pertama dapat mempengaruhi mutu
pendidikan, sebagaimana yang terjadi pada SMP Negeri se-Kecamatan Ponorogo.
Mutu pembelajaran berada pada kategori sedang dan mengalami penurunan rata-
rata dengan nilai sebesar 0,54 dari tahun 2023. Sebagaimana Permasalahan mutu
pendidikan itu sendiri dapat diselesaikan melalui faktor-faktor yang mempengaruhi
mutu pendidikan. Faktor-faktor mutu pendidikan di antaranya sistem informasi
manajemen pendidikan, kompetensi profesional guru, dan peran komite.
Sementara itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) signifikansi
pengaruh sistem informasi manajemen pendidikan terhadap mutu pendidikan di
SMP Negeri se-Kecamatan Ponorogo, 2) signifikansi pengaruh kompetensi
profesional guru terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan
Ponorogo, 3) signifikansi pengaruh peran komite terhadap mutu pendidikan di SMP
Negeri se-Kecamatan Ponorogo, 4) signifikansi pengaruh sistem informasi
manajemen pendidikan, kompetensi profesional guru, dan peran komite terhadap
mutu pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Ponorogo.
Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis
penelitian ex post facto. Populasi penelitian ialah guru SMP Negeri se-Kecamatan
Ponorogo yang berjumlah 236 guru. Sedangkan melalui rumus Slovin didapatkan
sampel berjumlah 162 responden. Pengambilan data menggunakan angket, dimana
data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan uji regresi linier sederhana
dan uji regresi linier berganda.
Hasil analisa menunjukkan bahwa adanya signifikansi pengaruh 1) sistem
informasi manajemen pendidikan terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri se-
Kecamatan Ponorogo sebesar 34,7%, 2) kompetensi profesional guru terhadap
mutu pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Ponorogo sebesar 27,5%, 3) peran
komite terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Ponorogo sebesar
26,8%, 4) sistem informasi manajemen pendidikan, kompetensi profesional guru,
dan peran komite terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan
Ponorogo sebesar 40,4%. Hal ini dikarenakan memperbaiki ketiga faktor secara
bersama-sama lebih efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Meskipun,
dalam meningkatkan tiga faktor lebih efektif, akan tetapi peningkatannya masih
kecil. Hal ini dikarenakan, mutu pendidikan memiliki jangkauan yang luas dan
mencangkup keseluruhan bidang. Maka dalam meningkatkan mutu pendidikan
diperlukan perbaikan dari berbagai faktor dalam berbagai sudut pandang.
Kata Kunci: Kompetensi Profesioal Guru; Mutu Pendidikan; Peran Komite; Sistem
Informasi Mnajemen Pendidikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmadi Andhita Dessy Wulansari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 03:15 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 03:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29169 |
Actions (login required)
View Item |