Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Etos Kerja Islami Tenaga Kependidikan di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo

Margaretno, Neti (2024) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Etos Kerja Islami Tenaga Kependidikan di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502220033_NETI MARGARETNO_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sumberdaya Manusia (SDM) menjadi salah satu faktor krusial dalam organisasi. Dikarenakan sumberdaya ini terdiri dari mahluk hidup yang memiliki kepribadian berbeda-beda, timbul berbagai permasalahan, di antaranya adalah terkait etos kerja. Dalam hal penanganannya, banyak organisasi yang berusaha melakukan pengembangan etos kerja tersebut, salah satunya adalah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor yang telah menjalankan proses pengembangan manusia menuju insan kamil dengan berbasis nilai-nilai Islam.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan etos kerja Islami. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisis rekrutmen sumber daya manusia dalam meningkatkan etos kerja Islami. Ketiga, untuk mengetahui dan menganalisis pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan etos kerja Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan lokasi penelitian di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara induktif dengan teknik pengecekan data menggunakan ketekunan atau keajekan pengamatan, serta triangulasi.
Hasil penelitian ini yaitu pertama, proses perencanaan sumber daya manusia sudah dikatakan baik yaitu menggunakan pola berpusat pada kebutuhan nyata di lapangan dengan pola analisa kebutuhan SDM yang melibatkan semua pihak selain itu dalam proses perencanaan kebijakan-kebijakan yang disusun sudah mempertimbangkan nilai-nilai Islam. Kedua, bahwa proses rekrutmen sumber daya manusia yang dilakukan menunjukkan keseriusan UNIDA Gontor untuk mendapatkan SDM yang tidak hanya memiliki kemampuan teknis, tapi juga memiliki jiwa Islami. Ketiga, pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia dilakukan secara holistik, tidak terbatas dengan hal-hal formal seputar pekerjaan saja usaha tersebut dilakukan secara terus menerus sebagai bukti keseriusan Universitas Darussalam Gontor dalam membentuk pribadi tenaga kependidikan. Peneliti merekomendasikan untuk melibatkan tenaga kependidikan dalam perencanaan berbagai kegiatan tersebut dalam rangka menambah kesadaran dalam proses peningkatan etos kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:26
Last Modified: 25 Jun 2024 00:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29168

Actions (login required)

View Item View Item