Ramadhan, Dhimas Muhammad (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190342_Dhimas Muhammad Ramadhan_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Ramadhan, Dhimas Muhammad. 2024. Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci : Persepsi, Kesiapan, Kurikulum Merdeka Belajar
Pendidikan memungkinkan masyarakat untuk mengembangkan kapasitasnya secara terarah. Diantaranya yang masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat mengenai pendidikan saat ini adalah Kurikulum Merdeka Belajar. Pemerintah melalui kementerian pendidikan secara bertahap menerapkan kurikulum merdeka belajar ini di seluruh lembaga pendidikan di Indonesia tidak terkecuali di SMK PGRI 2 Ponorogo. Penelitian ini membahas bagaimana pandangan atau persepsi dan kesiapan guru sebagai seorang pendidikan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 2 Ponorogo; 2) Mengetahui bagaimana persepsi guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 2 Ponorogo dan 3) Mengetahui bagaimana kesiapan guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari Saldana yang merupakan pengembangan dari teknik anaslisis data Miles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan kurikulum merdeka di SMK PGRI 2 Ponorogo mengacu pada aturan yang telah ditetapkan dan diturunkan pemerintah dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada satuan pendidikan dengan menitikberatkan pembelajaran yang memberikan keleluasaan dan kewenangan kepada setiap institusi pendidikan agar terbebas dari administrasi yang berbelit. 2) Persepsi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dengan kurikulum merdeka di SMK PGRI 2 Ponorogo sudah baik namun perlu dikaji lebih lanjut untuk mengatasi kekurangan, kesulitan dan tantangan yang dihadapi dalam mengimplemntasikan kurikulum merdeka ini. Bentuk persepsi yang dilakukan adalah persepsi melalui indra penglihatan. Hasil persepsi guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI ini menunjukkan hasil persepsi yang baik. Dan 3) Masing-masing guru PAI di SMK PGRI 2 Ponorogo memiliki kesiapan yang berbeda, namun secara garis besar semuanya adalah baik. Kesiapan ini dilakukan dengan melihat tiga indikator yaitu baik dari kesiapan sikap dan emosi, kesiapan kognitif, dan kesiapan perilaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Nu'man Hakiem |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 00:25 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 00:25 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29166 |
Actions (login required)
View Item |