Nilai-Nilai Moral Anak terhadap Orang Tua dalam Kitab Mitra Sejati Karya Kyai Bisri Musthofa dan Relevansinya terhadap Materi Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah

Dewi, Fitria Puji Atma (2024) Nilai-Nilai Moral Anak terhadap Orang Tua dalam Kitab Mitra Sejati Karya Kyai Bisri Musthofa dan Relevansinya terhadap Materi Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201200295 FITRIA PUJI ATMA DEWI E-THESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan unit terkecil dalam sebuah tatanan masyarakat yang minimal terdiri dari kedua orang tua dan anak. Peran keluarga sangat penting dalam pembentukan sikap anak sehingga menjadi manusia yang memiliki moral yang baik dan bisa dimulai melalui pembiasaan-pembiasaan sederhana. Namun, beberapa kasus yang terjadi dalam relasi keluarga didapati anak yang kerap menyepelekan orang tuanya, dan hilangnya sikap positif yang seharusnya ditunjukkan oleh seorang anak kepada orang tua mereka. Pendidikan akhlak anak kepada orang tua ternyata masih menyisakan problem yang serius bahkan di sekolah tingkat Tsanawiyah terkait Nilai Moral baik, yang belum maksimal diimplementasikan dalam tingkah laku keseharian. Hal ini mengingatkan peneliti bahwa terdapat salah satu kitab yang dapat kita jadikan referensi bersama, dalam pembenahan akhlak yang masih kerap melenceng dan jauh dari angan yang diharapkan, termasuk antara anak dan orang tua, yaitu kitab Mitra Sejati karya Kyai Bisri Musthofa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana seharusnya nilai-nilai moral anak kepada orang tua sekaligus pesan yang terkandung dalam sebuah syi’ir dalam kitab bernama “Mitra Sejati” karya Kyai Bisri Musthofa; (2) Relevansi Nilai-Nilai Moral Anak terhadap Orang Tua dalam Kitab Mitra Sejati Karya Kyai Bisri Musthofa terhadap Materi Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII.
Penelitian ini mengambil metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). yaitu suatu metode penelitian kualitatif yang lokasi atau tempat penelitiannya dilakukan di perpustakaan, atau dengan cara meneliti dan mengambil sumber dari buku, kitab, jurnal, artikel, dokumen, arsip, buku, dan sejenisnya sebagai bahan pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-Nilai Moral Anak terhadap Orang Tua dan Pesan yang terkandung dalam Kitab Mitra Sejati karya Kyai Bisri Musthofa adalah Wajib berbakti, Jangan mengecewakan agar tidak menyesal ketika telah meninggal, Jangan sampai lupa membalas budi, Jangan berani/durhaka seperti berani sama Dewa dan pesan moralnya yaitu kewajiban seorang anak untuk selalu berbakti kepada orang tuanya, sikap agar tidak mengecewakan kedua orang tuanya karena dapat menyesal apalagi ketika orang tua sudah meninggal dan jangan sampai lupa membalas budi orang tua serta jangan berani ataupun durhaka kepada orang tua seperti kepada Tuhan. (2) Relevansi antara keduanya yaitu terletak pada bab “Sikap Anak Terhadap Bapak”, “Sikap Anak Terhadap Ibu” dalam Kitab Mitra Sejati dan Adab Anak terhadap Orang Tua pada Materi Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis, Ph.D.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:24
Last Modified: 25 Jun 2024 00:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29165

Actions (login required)

View Item View Item