Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Washoya Al Aba' Lil Abna' Karya Muhammad Syakir Al-Iskandari Dan Relevansinya Dengan Upaya Pencegahan Perundungan Di Kalangan Pelajar

Fitria, Ifa (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Washoya Al Aba' Lil Abna' Karya Muhammad Syakir Al-Iskandari Dan Relevansinya Dengan Upaya Pencegahan Perundungan Di Kalangan Pelajar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESIS SKRIPSI IFA FITRIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitria, Ifa. 2024. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’ dan Relevansinya dengan Upaya Pencegahan Perundungan di Kalangan Pelajar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Jamaluddin Shiddiq, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai karakter, Kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’, Perundungan.
Pendidikan karakter merupakan amanat atau konsentrasi dalam undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa pendidikan nasional yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar dapat menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Akan tetapi, realitanya tidak semua tujuan pendidikan tersebut dapat terealisasikan dengan baik dalam lingkungan pendidikan maupun masyarakat. melihat banyaknya penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di kalangan pelajar salah satunya seperti tindakan kasus perundungan. Banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya tindakan tersebut dan ada yang menyebutkan bahwa degradasi karakter merupakan pemicu utamanya. Oleh karena itu, terdapat salah satu karya yang cocok untuk dijadikan pedoman dalam memulai suatu pembelajaran, yang mana di dalamnya membahas mengenai nilai-nilai karakter yaitu kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’ karya Muhammad Syakir Al Iskandari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’ karya Muhammad Syakir Al Iskandari, (2) menganalisis relevansi nilai pendidikan karakter pada kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’ karya Muhammad Syakir Al Iskandari dengan upaya mencegah perundungan di kalangan pelajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber utama adalah kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’ karya Muhammad Syakir Al Iskandari dan sumber data sekunder berasal dari buku dan karya ilmiah yang relevan dengan objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumenter. Teknik analisis yang digunakan analysis content (analisis isi).
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Nilai pendidikan karakter yang terdapat pada kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’ adalah iman dan taqwa, cinta dan taat kepada Rosulullah, menghormati kedua orang tua, menghormati guru, menghormatu kedua orang tua, menghormati sesama, benar atau jujur, kemuliaan dan harga diri, sabar, ikhlas, amanah, disiplin, kerja keras, pantang menyerah, cinta tanah air, gemar membaca, dan peduli lingkungan. (2) Nilai karakter pada kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’ karya Muhammad Syakir Al Iskandari yang terdiri dari 7 nilai moral dan 3 nilai kinerja mempunyai relevansi dengan upaya mencegah perundungan di kalangan pelajar, di antaranya mengajarkan integritas moral dan etika berbasis agama serta membentuk perilaku yang menghormati norma-norma keagamaan. Selain itu, juga dengan membangun kepercayaan dan transparasi di antara pelajar untuk mengurangi kesempatan terlibat dalam perundungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Jamaluddin Shiddiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:23
Last Modified: 25 Jun 2024 00:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29162

Actions (login required)

View Item View Item