Manajemen Strategi dalam Membangun Budaya Mutu Pendidikan di SDMT Ponorogo

Nafi'ah, Ayu Zahroh (2024) Manajemen Strategi dalam Membangun Budaya Mutu Pendidikan di SDMT Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502220011_AYU ZAHROH NAFI'AH_MAGISTER MPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam membangun budaya mutu pendidikan tidak lepas dari upaya dalam meningkatkan standar kualitas yang diharapkan. Upaya dalam membangun budaya mutu pendidikan ini bisa dimulai dengan peningkatan mutu sumber dayanya. Karena mereka yang memegang peranan besar dalam membantu membentuk peserta didik yang bermutu. Disini manajemen strategi berperan penting dalam membangun budaya mutu pendidikan. Karena dengan menggunakan manajemen strategi yang sesuai maka akan diperoleh keberhasilan dari penggunaanya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam teknik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik pengamatan yang tekun, triangulasi sumber dan triangulasi metode serta kecukupan referensi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perumusan strategi dalam membangun budaya mutu pendidikan di SDMT Ponorogo, mengetahui dan menganalisis implementasi strategi dalam membangun budaya mutu pendidikan di SDMT Ponorogo serta mengetahui dan menganalisis evaluasi strategi dalam membangun budaya mutu pendidikan di SDMT Ponorogo.
Temuan yang di peroleh dari penelitian ini adalah bahwa dalam (1) Perumusan strategi dalam membangun budaya mutu pendidikan di SDMT Ponorogo sudah sesuai dengan kaidah manajemen strategi menurut Fred R. David. Perumusan strategi mencakup pengembangan visi dan misi, identifikasi peluang dan ancaman eksternal suatu organisasi, mengenali kekuatan dan kelemahan suatu organisasi serta merancang strategi untuk mencapai tujuan organisasi dalam rangka menyediakan jasa terbaik. Perumusan strategi ini dilakukan pada raker di tiap akhir tahun dengan melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Tim Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah, guru, tenaga kependidikan dan stakeholder. Hasil dari perumusan strategi ini yaitu diadakannya program-program yang konkrit dan terukur meliputi program akademik, program ekstrakurikuler, program mutu guru, program kelas, program al-qur’an dan program penanaman karakter. Strategi ini disusun secara strategis dan realistis untuk upaya keberhasilan program dalam membangun budaya mutu pendidikan yang ada di SDMT Ponorogo. Sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk mencapai tujuan dan target yang sudah ditetapkan, (2) Implementasi strategi dalam membangun budaya mutu pendidikan di SDMT Ponorogo telah berhasil mengorganisasikan seluruh pihak agar pelaksanaan lebih optimal dan maksimal. SDMT Ponorogo menerapkan program-program diantaranya adalah program akademik, program ekstrakurikuler, program mutu guru, program kelas dan program al-qur’an. Selain itu juga terdapat program bagi tenaga pendidik dan kependidikan berupa workshop, classroom management dan juga terdapat program bagi orang tua berupa parenting yang sudah dirumuskan dengan tetap melalui pengawasan dan motivasi dari kepala sekolah. Diharapkan dengan adanya pengawasan dan motivasi yang diberi oleh kepala sekolah menghasilkan budaya mutu pendidikan yang baik. Dalam pelaksanaan program-program yang ada sudah bisa dinilai cukup berhasil. Hal itu dikarenakan dalam implementasi strategi ini memunculkan hasil yang nyata, misalnya prestasi siswa, kepuasan orang tua dan masyarakat, kenaikan peserta didik secara signifikan, menumbuhkan siswa yang berkarakter serta meningkatnya kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, (3) Evaluasi strategi dalam membangun budaya mutu pendidikan di SDMT Ponorogo dilakukan oleh pihak yang berwenang dan bersangkutan seperti kepala sekolah, Tim Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah dan kepala kelas (wali kelas) yang dilaksanakan setiap tahun secara terbuka untuk mengetahui kendala dan hambatan. Kemudian dari kendala dan hambatan tersebut dicari solusi yang sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. Pelaksanaan evaluasi ini melalui berbagai aspek, seperti rapat/musyawarah dan penilaian kerja. Selain itu juga dilakukan pengawasan secara intens dan pemberian dorongan, penguatan, serta motivasi kepada warga sekolah agar terus berkontribusi dalam membangun budaya mutu pendidikan.

Kata kunci: Manajemen Strategi, Budaya Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib, M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:20
Last Modified: 25 Jun 2024 00:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29156

Actions (login required)

View Item View Item