Latifah, Rotania Ummul (2024) PENERAPAN MODEL (AIR) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 4 KEDUNGBANTENG, SUKOREJO, PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 203190094 ROTANIA UMMUL LATIFAH (1).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Latifah, Rotania Ummul, 2024. Penerapan Model (AIR) untuk Meningkatkan
Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Kelas II SDN 4 Kedungbanteng.Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.Pembimbing Berlian
Pancarrani, M. Pd
Kata Kunci: Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Keterampilan
Menyimak, Keterampilan Berbicara.
Keterampilan menyimak dan berbicara siswa di SDN 4 Kedungbanteng
banyak yang mengalami kesulitan. Hal ini berdasarkan observasi dan wawancara
yang telah dilakukan pada saat menyimak siswa kelas II masih banyak yang tidak
memperhatikan, serta pada saat berbicara menyampaikan jawaban ataupun
pendapatnya masih terdapat siswa yang kurang tepat dalam pemilihan kata-
katanya seperti terjadinya campur bahasa, dan juga saat ditanya siswa hanya diam
saja.Pada penelitian ini digunakanmodel pembelajaran auditory, intellectualy,
repetition (AIR) sebagai alat bantu siswa dalam meningkatkan keterampilan
menyimak dan berbicara siswa serta siswa dapat memahami materi yang
diajarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)menjelaskan penerapan model auditory,
intellectualy ,repetition (AIR) dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan
berbicara siswa (2) menjelaskan peningkatan keterampilan menyimak dan
berbicara setelah diterapkan model AIR.
Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
yaitu penelitian yang dilaksanakan di dalam kelas dengan menekankan pada
peningkatan variable dengan bantuan model pembelajaran Auditory, Intellectualy,
Repetition (AIR). Penelitian ini menggunakan teori PTK yang dikemumakan
oleh Kemmis & Mc. Taggart yaitu dilaksanakan menjadi beberapa siklus dimana
setiap siklusnya terdiri dari 4 susunan, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan
(observation) serta refleksi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan keterampilan menyimak siswa
setelah diterapkannya auditory, intellectually, repetition (AIR) mengalami
peningkatan pada setiap siklusnya.Tahap siklus I rata-rata nilai kelas keterampilan
menyimak siswa adalah 77,3 dengan kategori sedang. Pada tahap siklus II rata-
rata nilai kelas keterampilan menyimak siswa nilai kelas keterampilan menyimak
siswa adalah 86,7 dengan kategori tinggi. Peningkatan keterampilan berbicara
siswa setelah diterapkannya auditory, intellectually, repetition (AIR) pada tahap
siklus I rata-rata nilai kelas keterampilan berbicara siswa adalah 78,75dengan
kategori sedang. Pada tahap siklus II rata-rata nilai kelas keterampilan berbicara
siswa adalah 84,68dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Berlian Pancarrani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 00:16 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 00:16 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29152 |
Actions (login required)
View Item |