Putri, Reza Wahyu Pratama Purwaning (2024) Pengaruh Penggunaan Media Virtual Tour to Museum terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX SMPN 1 Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200034_REZA WAHYU PRATAMA PURWANING PUTRI_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPS dan sejarah seringkali dianggap membosankan oleh siswa karena kurangnya konteks pembelajaran dan kurangnya keterlibatan interaktif antar siswa dengan guru. Namun, dengan perkembangan teknologi yang digunakan pada abad ke-21, media pembelajaran berbasis teknologi seperti virtual tour to museum dapat membantu mengatasi masalah ini. Virtual tour to museum tersebut memungkinkan siswa untuk mengunjungi museum secara digital, sehingga mereka dapat menikmati pembelajaran yang lebih menyenangkan dan berkesan. Selain itu, dengan teknologi ini, guru dapat menyajikan materi sejarah secara lebih menarik dan mudah diingat oleh siswa. Melalui teknologi ini, siswa dapat merasakan kondisi lokasi bersejarah di Indonesia, mengingat pengalaman dan pengetahuan dengan lebih cepat, dan mengakses sumber daya berharga untuk pembelajaran sejarah. Seiring dengan hal itu, virtual tour to museum juga sudah digunakan oleh beberapa guru IPS sebagai media edukasi online, menunjukkan manfaatnya bagi siapa saja yang ingin belajar tentang museum dan sejarah. Virtual tour to museum tidak hanya dapat digunakan selama pandemi tetapi juga dapat digunakan saat ini dan masa yang akan datang.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, (1) ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media virtual tour to museum terhadap motivasi belajar siswa, (2) ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media virtual tour to museum terhadap hasil belajar siswa, dan (3) ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media virtual tour to museum terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMPN 1 Balong.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan between group design (desain antar kelompok) dengan eksperimen semu. Metode yang digunakan adalah post-test only control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket/kuisioner, test (post-test) dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji MANOVA dan Uji T-Test.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan media virtual tour to museum signifikan dalam mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Nilai signifikansi yang diperoleh dari uji-T menunjukkan bahwa hipotesis Ho1, Ho2, dan Ho3 ditolak, dan hipotesis Ha1, Ha2, dan Ha3 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media virtual tour to museum membawa pengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Balong dalam mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Risma Dwi Arisona |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 00:15 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 00:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29147 |
Actions (login required)
View Item |