Dwi Aufiyaauddin, Hayyik (2024) Strategi Pemasaran Diferensiasi Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru(Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
502220019_HAYYIK DWI AUFIYAAUDDIN_MPI PASCASARJANA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Aufiyaauddin, Hayyik Dwi, 2024. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. Umar Sidiq, M.Ag. Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Minat Peserta Didik
Kesejahteraan negara dan peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia sangat bergantung pada pendidikan. Sekolah unggul menarik siswa sementara sekolah lain kekurangan siswa, menciptakan persaingan yang semakin kompleks di antara lembaga pendidikan. Strategi pemasaran sangat penting untuk menarik minat calon siswa. Hal ini mencakup promosi secara online dan offline serta menyediakan fasilitas khusus untuk meningkatkan minat. Setiap tahun, siswa MAN 2 Ponorogo meningkat dan memiliki banyak inovasi seperti Ma'had Ronggo Warsito dan kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung prestasi siswa. Banyaknya prestasi siswa di tingkat nasional dan internasional, menunjukkan komitmen MAN 2 Ponorogo untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan memberdayakan siswa untuk lebih baik di masa depan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). dengan fokus pembahasan: 1. Segmentasi Pemasaran, 2. Strategi
Diferensiasi, 3. Pelayanan Lembaga Pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kaulitatif deskriptif yang berlokasi di MAN 2 Ponorogo. Objek penelitian adalah manajemen pemasaran jasa pendidikan. Adapun metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dari Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini di antaranya: Pertama, segmentasi pemasaran madrasah di MAN 2 Ponorogo bertujuan meningkatkan minat peserta didik baru dengan pendekatan strategis berbasis kebutuhan dan preferensi calon siswa serta orang tua, menekankan pada program yang relevan. Hal ini sebagai bagian dari kebijakan kepala madrasah untuk menjamin penerimaan siswa baru dan meningkatkan mutu pendidikan. Kedua, strategi diferensiasi madrasah di MAN 2 Ponorogo menekankan pengembangan potensi siswa melalui praktik transfer kelas yang inovatif dan program khusus, memastikan lingkungan pendidikan yang inklusif, dan fokus pada pengembangan potensi individu sebagai komitmen lembaga. Ketiga, pelayanan lembaga pendidikan madrasah di MAN 2 Ponorogo didukung oleh berbagai fasilitas seperti layanan bimbingan, program ekstrakurikuler, dan teknologi, memungkinkan pengembangan potensi siswa secara komprehensif dan meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan, menegaskan pentingnya investasi pada efektivitas proses pembelajaran dan lingkungan pendidikan yang optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib dan Umar Sidiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 00:05 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 00:05 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29137 |
Actions (login required)
View Item |