Pengaruh Supervisi Akademik dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan Pacitan

Nurmawati, Dwi (2024) Pengaruh Supervisi Akademik dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload etheses Dwi Nurmawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurmawati, Dwi. 2024. Pengaruh Supervisi Akademik dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan Pacitan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pelatihan, Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan dalam memahami siswa. Kompetensi pedagogik ini menjadi salah satu kemampuan dasar bagi guru yang harus dikuasai, karena dengan kemampuan ini guru akan dapat memahami karakteristik siswa dan dapat memilih strategi serta metode yang tepat untuk pembelajaran yang efektif. Namun berdasarkan fenomena yang terjadi kompetensi guru di Indonesia masih rendah, maka perlu dilakukan upaya peningkatan melalui supervisi akademik dan pelatihan peningkatan kompetensi guru.
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh signifikan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan Pacitan, 2) untuk mengetahui pengaruh signifikan pelatihan peningkatan kompetensi guru terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan Pacitan, 3) untuk mengetahui pengaruh signifikan supervisi akademik dan pelatihan peningkatan kompetensi guru terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yang dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan berjumlah 13 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian yaitu: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan yang dilihat dari perolehan nilai thitung 2,568 > nilai ttabel 2,228, yang diartikan bahwa H0 1 ditolak dan Ha 1 diterima. Sedangkan R square sebesar 0,375, bahwa pengaruh variabel supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 37,5%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan peningkatan kompetensi guru terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan Pacitan yang dilihat dari perolehan nilai thitung 3,636 > nilai ttabel 2,228, yang diartikan bahwa H0 2 ditolak dan Ha 2 diterima. Sedangkan R square sebesar 0,546, bahwa pengaruh variabel pelatihan peningkatan kompetensi guru terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 54,6%. 3) Terdapat pengaruh bersama-sama supervisi akademik dan pelatihan peningkatan kompetensi guru terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs Muhammadiyah 2 Tulakan Pacitan yang dilihat nilai fhitung 7,319 > ftabel 3,98, maka H0 3 ditolak dan Ha 3 diterima. Sedangkan nilai R square sebesar 0,594. Nilai tersebut menggambarkan bahwa variabel supervisi akademik dan pelatihan peningkatan kompetensi guru berpengaruh sebesar 59,4% terhadap kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:25
Last Modified: 24 Jun 2024 08:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29134

Actions (login required)

View Item View Item