Yuliana, Adila (2024) Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 4 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_206200047_ Adila Yuliana.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Yuliana, Adila. 2024. Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan di MAN 4 Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan
Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: Abdul Kholiq, MBA.
Kata Kunci: Kepala Madrasah, Fungsi-Fungsi Manajemen, Mutu Pendidikan
Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah merupakan faktor terpenting
dalam menentukan seberapa baik pendidikan dilaksanakan di madrasah setelah
tujuan pendidikan tercapai. Rendahnya mutu pendidikan yang ada di Indonesia
adalah permasalahan yang spesifik, namun permasalahan tersebut tidak cepat
terselesaikan. Pendidikan yang baik merupakan keinginan atau bahkan kewajiban,
serta harus menjadi fokus seluruh pemangku kepentingan pendidikan. Setiap orang
akan lebih menikmati belajar dalam lembaga pendidikan yang memiliki
kepemimpinan yang kuat dan stabil serta lembaga pendidikan yang bermutu. Maka
dari itu diperlukan sebuah strategi yang baik dari kepala madrasah untuk dapat
meningkatkan mutu pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis terkait perencanaan kepala
madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan, (2) menganalisis pelaksanaan
strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan (3)
menganalisis evaluasi sratetegi madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus dengan sumber data primer yaitu Kepala Madrasah,
Waka Kesiswaan, dan Waka Kurikulum. Adapun sumber data sekundernya yaitu
melalui dokumen, foto serta kajian teori. Teknik pengumpulan datanya melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan yaitu dari Millies and Huberman dengan pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data
dilakukan dengan pendekatan triangulasi sumber, dan metode.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Perencanaan strategi
kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 4 Madiun yaitu
dengan menyusun rencana kerja jangka menengah (RKJM) dan rencana kerja
tahunan (RKT) sesuai dengan visi, misi, madrasah, dan analisis factor internal
eksternal, serta melakukan penentuan dan penggunaan daya sumber yang tersedia
secara optimal. (2) Pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan
mutu pendidikan di MAN 4 Madiun yaitu dengan menerapkan budaya organisasi,
serta menggun akan sistem informasi dengan tepat. (3) Evaluasi strategi kepala
madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 4 Madiun yaitu dengan
cara membandingkan tercapainya tujuan dengan hasil yang diperoleh, dan
selanjutnya dengan mengambil tindakan korektif. Adapun keberhasilan dalam
peningkatan mutu pendidikan ditunjukkan dengan adanya dukungan dari
pemerintah, kinerja guru yang baik, lulusan yang berkualitas, dan dukungan
masyarakat atau orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Abdul Kholiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 08:26 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 08:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29132 |
Actions (login required)
View Item |