Wulandari, Dilla Dwi (2024) Manajemen Program Tahfidz Al-Qur'an dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200020 DILLA DWI WULANDARI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Wulandari, Dilla Dwi. 2024. Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen, Program Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Religius.
Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek terpenting dalam suatu lembaga pendidikan. Setiap siswa tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Karakter yang baik akan membantu siswa menjadi individu yang lebih baik dalam kehidupan pribadi maupun sosialnya. Namun dalam kondisi realitanya dunia pendidikan saat ini mengalami kemrosotan krisis moral pada nilai-nilai etika seperti perilaku mencontek, berkata kotor, bullying dan lainnya. Sehingga hal tersebut menjadi pengaruh perkembangan bangsa. Karakter bangsa harus dibentuk, dilatih secara terus menerus dan bertahap. Bentuk penanaman karakter religius di sekolah perlu adanya kegiatan yang bisa menunjang dan membentuk karakter religius pada diri siswa. Program tahfidz Al-Qur’an bertujuan agar siswa bisa memiliki potensi dalam bidang menghafal Al-Qur’an sehingga dapat menjadi kebiasaan baik yang dapat meningkatkan karakter religius pada diri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Manajemen perencanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo; (2) Implementasi program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo; (3) Implikasi program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan metode analisa Miles, Huberman dan Saldhana meliputi tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Perencanaan program kelas tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius meliputi : program kerja, tujuan dari progam, biaya atau anggaran yang diperlukan, waktu pelaksanaan, penanggung jawab, proses pelaksanaan, relasi, serta yang terakhir target. (2) Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius tidak lepas dari peran kepala sekolah dalam menggerakkan dan memotivasi. Selain itu bantuan ustad-ustadzah dan bapak ibu guru pembimbing serta partisipasi dari siswa. Selain itu metode yang digunakan adalah metode Wafa’ sehingga siswa lebih mudah dalam menghafal Al-Qur’an. (3) Implikasi program kelas tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius dapat dilihat dari capaian di antaranya yaitu sikap siswa yang menjadi tawadu’ atau bersikap sopan santun kepada bapak dan ibu guru, perilaku ikhlas, sabar, syukur, tawakal dan percaya diri itulah indikator karakter religius yang tercapai. Selain itu pembiasaan siswa yang mengalami peningkatan dari sebelumnya adalah anak yang menjadi terbiasa sholat tepat waktu, siswa yang semula belum mengerjakan sholat dhuha menjadi tertib melaksanakannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umar Sidiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 08:27 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 08:27 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29131 |
Actions (login required)
View Item |