Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Ekstrakurikuler OSN IPS di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo

Dewi, Ludvy Praptiana (2024) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Ekstrakurikuler OSN IPS di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200073_LUDVY PRAPTIANA DEWI_TADRIS IPS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dewi, Ludvy Praptiana. 2024. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Ekstrakurikuler OSN IPS di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Khoirun: Nikmah, S.Pd., M.Hum.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, OSN IPS, Prestasi Belajar Siswa
Ekstrakurikuler olimpiade sains nasional adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam sekolah. Ekstrakurikuler merupakan proses untuk membentuk siswa dalam mengembangkan potensi atau keahlian yang mereka miliki. Mereka bebas meilih untuk mengikuti ekstrakurikuler apa saja sesuai minat dan bakat. Ekstrakurikuler ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dibidang yang mereka sukai. Ekstrakurikuler ini sebagai wadah bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat siswa khususnya di bidang akademik dalam rangka mendukung pencapaian nasional.
Tujuan dari penelitian adalah untuk : (1) untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler OSN IPS di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler OSN IPS di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengenai upaya meningkatkan prestasi belajarsiswa melalui ekstrakurikuler OSN IPS di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo menunjukkan bahwa (1) upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler OSN IPS yaitu menciptakan suasana yang kondusif, memberikan guru pelatih yang ahli dalam bidangnya, serta fasilitas yang memadai. Hasil yang didaptkan yaitu prestasi belajar siswa meningkat dilihat dari nilai siswa dan juga pemahaman siswa menjadi terhadap mata pelajaran IPS. (2) faktor pendukung dan faktor penghambatnya yaitu : faktor pendukung dibagi menjadi dua yaitu faktor internal yang berasal dari diri siswa dam faktor eksternal yang berasal dari luar contohnya sarana dan prasarana. Faktor penghambat dari intelektual siswa yang berbeda-beda dan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan di sore hari membuat semangat siswa berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khoirun Nikmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:18
Last Modified: 24 Jun 2024 07:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29127

Actions (login required)

View Item View Item